SHARE

Sebuah event skala internasional, hanya dalam kurun waktu kurang dari 100 hari akan digelar di Indonesia. Event itu adalah Asian Games yang akan digelar dari 18 Agustus hingga 2 September.

Yang jelas, event ini akan mendatangkan 15.000 atlit dan ofisial, 7000 jurnalis dan melibatkan 30.000 tenaga kerja dan volunteers atau relawan. Dampaknya apa buat perekonomian Indonesia. Ini yang sangat menarik, ketika dibahas di Forum Merdeka Barat 9, dengan tema Menghitung Dampak Ekonomi Asian Games 2018.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 atau Inasgoc, Erick Thohir menjelaskan, yang jelas perhelatan ini akan mendapatkan liputan dari berbagai media di dunia. Ini merupakan kesempatan untuk Nation Branding.

Bahkan Erick mengatakan, salah satu stasiun televisi di Tiongkok, akan menyiarkan secara langsung event ini selama 12 jam. Tidak kurang dari 5 milyar pasang mata akan menyaksikan perhelatan ini. Keren bukan?

Menteri PPN dan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menambahkan, dampak perekonomian secara langsung bisa dilihat dari pengeluaran peserta dan pengunjung Asian Games 2018 mencapai Rp 3,6 triliun.

Bambang merinci, pengeluaran sebesar Rp 2,5 triliun di Jakarta dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 70%, dan Rp 1,1 triliun di Palembang dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 30%. Jadi , bukan hanya Jakarta dan Palembang saja yang merasakan dampaknya.

Wilayah seperti Banten dan Jawa Barat juga akan merasakan dampaknya karena beberapa venue juga berada di Jawa Barat dan Banten.

Nah, menurut perkiraan, 88% pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, 4,67% oleh atlet, 3,96% awak media, 2,34% officials, dan 0,77% pengeluaran sukarelawan. Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp 1,3 triliun. Sementara komponen terbesar kedua adalah transportasi Rp 640 miliar, makanan dan minuman Rp 628 miliar, belanja Rp 560 miliar, dan pengeluaran hiburan Rp 280 miliar.

Buanyak banget ya ternyata.

Bukan hanya itu, dengan diselenggarakannya event Asian Games di Indonesia, sejumlah infrastruktur juga dibangun. Infrastruktur ini seperti LRT. Sejumlah venue juga dirapikan atau direnovasi.

Secara keseluruhan Kepala Bappenas,  memperkirakan dampak ekonomi langsung dari perhelatan Asian Games 2018 terhadap perekonomian Indonesia adalah sebesar Rp45,1 triliun.  Ini semua dari sisi pengeluaran pengunjung, biaya konstruksi, dan biaya operasional, terhitung sejak 2015 hingga 2018 mencapai Rp45,1 triliun.

Ini juga masih dari tahap awal kajian. Pak Menteri mengatakan, nanti akan ada dua tahap lagi terkait studi ini, jadi sekarang sifatnya masih estimasi. Pihaknya juga akan melihat dampaknya sebelum pada saat berlangsung dan pasca-Asian Games.

Duh makin nggak sabar menunggu perhelatan akbar ini. Apalagi, menurut Erick Thohir, nantinya pas closing ceremony atau upacara penutupan, akan melibatkan Negara yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games berikutnya.

 

Leave a Reply