close
Cerita

Venue Asian Games 2018 Sudah Siap 98,5%, Atlet Sudah Mulai Berdatangan

IMG-20180729-WA0075.jpg

Penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta Palembang, Tahun 2018 hanya dalam kurun waktu kurang lebih tiga pekan. Sudah sangat dekat. Saya tentunya sudah deg-deg serr mengikuti persiapan Asian Games ini.

Danny Buldansyah Direktur Media dan PR INASGOC Asian Games 2018, di acara diskusi Media FMB 9 mengungkapkan Persiapan Asian Games 2018 ini, sudah ditahap menerima kedatangan atlit, official, volunter, dan semua pihak luar yang terlibat.

Untuk venuenya sendiri, Progres keseluruhan sudah 98,56 %. Bahkan untuk di Palembang, Menurut Kepala Bapeda Provinsi Sumsel, Ibu Ekawati, sudah siap 100%. Wah Jakarta dong yang belom siap 100 %.

Untuk atlitnya sendiri, menurut Menteri PPN dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, jumlahnya mencapai lebih dari 11.000 atlit, 5000 ofisial dan media yang akan datang meliput bisa lebih dari 7000 orang. Ada lebih 42 negara yang akan ikut serta dalam Asian Games 2018 ini. Jumlah terbanyak sepanjang penyelenggaraan Asian Games.

Wah ini bukan main mantapnya. Jumlah pertandingan di Asian Games ini, ungkap Kepala Bapenas jumlahnya mencapai 462 pertandingan di 40 Cabang Olahraga. Bahkan menurut Danny, sejumlah Cabor seperti Sepakbola sudah dimulai pertandingannya sebelum 18 Agustus atau sebelum pembukaan Asian Games.

Atlet yang datang ke Indonesia juga sudah ada. Danny mengatakan untuk atlet yang datang seperti Atlet Berkuda.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya di FMB 9 ini juga memberikan data bahwa Target Wisatawan Mancanegara yang menjadi Penonton Asian Games adalah sebanyak 150.000, Jakarta 65 %, Jawa Barat 10 %, Sumatera Selatan 20 %, sisanya terbagi di destinasi lain.

Kemenpar bekerjasama dengan Pemprov DKI juga belum lama ini meluncurkan 100 Bus di DKI Jakarta beratribut Asian Games, kedepannya akan semakin diperbanyak.

Agar semakin terasa demam penyelenggaraan Asian Games ini Promosi dilakukan di seluruh media : elektronik, cetak, sosial, televisi, dan lainnya. Artis yang ikut terlibat dalam Asian Games 2018 ini mencapai 150 orang.

Gimana manfaat Asian Games baik untuk Jakarta dan Palembang. Ini juga yang tidak kalah penting. Kepala Bapenas merinci, dampak langsung terhadap ekonomi DKI Jakarta Rp 22 triliun , untuk Sumatera Selatan Rp 18,5 triliun. Wah banyak sekali.

Periode 2015 – 2019 penambahan PDRB (riil) DKI Jakarta diperkirakan sebesar Rp 14 triliun, Sumatera Selatan sebesar Rp 4,2 triliun.

Kita tunggu saja penyelenggaraan Asian Games 2018 ini.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: