close
FeaturedOpini

Tak akan Mudah untuk Jadi “Verified Account” Twitter

IMG_1992

Semenjak 19 Juli kemarin, seperti dirilis oleh theverge.com, twitter mulai “membuka diri” agar pengguna nya bisa menjadi “verified account”.

Seperti yang sudah bahas di blog saya sebelumnya, agar akun twitter kita bisa kayak orang terkenal, baik pejabat sekelas presiden, menteri, maupun selebriti atau pesohor, kita bisa melakukannya sendiri.

Syarat dari twitter, sebenarnya tidak ribet-ribet amat. Yang penting ada foto kita (bukan foto orang lain tentunya), yang bisa diverifikasi mereka, ada bio, header photo, punya website yang link atau (mungkin terkait dengan akun twitter kita), tanggal lahir, nomor ponsel yang terdaftar di mereka, dan akun twitter kita ini tidak digembok, a.k.a “set as public” di twitter setting.

Sampai tahap ini tentunya mudah bagi kita dong syaratnya. Ketika saya mencoba untuk mendaftar agar masuk verified account twitter, saya melihat, twitter memberi syarat agar setidaknya punya dua website. Mungkin ini bisa blog atau situs pribadi kita.

Tapi ketika saya mencoba googling terkait untuk bisa menjadi verified account, berita dari the verge ini, atau mungkin dari prnewswire ini mengutip pernyataan dari Wakil Presiden Twitter urusan pengguna, sepertinya untuk verified account yang bisa mendapatkanya adalah orang yang “berpengaruh” atau “influencer” atau “creator”. Nah ini yang saya rada sedikit bingung.

oh iya, ini statementnya :

“We want to make it even easier for people to find creators and influencers on Twitter so it makes sense for us to let people apply for verification,” said Tina Bhatnagar, Twitter’s vice president of User Services.

“We hope opening up this application process results in more people finding great, high-quality accounts to follow, and for these creators and influencers to connect with a broader audience.”

Kalau secara awam, saya berpikir, yang akan diberikan tanda verified account oleh twitter nantinya, adalah orang yang berpengaruh di linimasa, atau mungkin orang top, banyak follower, atau semacam selebtwit gitu lah.

Dengan verified account ini, twitter mengatakan bahwa mereka ingin agar ada akun-akun yang keren yang direkomendasikan untuk difollow. Intinya adalah, pengguna twitter bisa mengetahui sapa saja yang layak difollow.

Di situs twitter, juga dinyatakan, yang bisa menjadi verified account itu adalah akun yang menjadi perhatian publik. Misalnya akun orang yang terlibat di dunia musik, seni peran, fashion, pemerintahan, politik, agama atau kepercayaan, jurnalisme, media, olahraga, bisnis dan lainnya.

IMG_1992

Dalam kacamata pribadi saya, sulit bagi pengguna awam untuk menjadi verified account. Data dari twitter, seperti dikutip the verge tadi, ada 310 juta pengguna aktif. Sekali lagi, tak akan mudah menjadi verified account.

Tapi, saya tetap mencoba melakukan pendaftaran. Kalau tidak bisa menjadi verified account toh saya tetap akan menjadi pengguna twitter kok. Saya bukan influencer di social media, ataupun creator. Tapi, setidaknya kita mencoba dong ya untuk menjadi verified account.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: