SHARE

Semasa menjadi mahasiswa di Universitas Kristen Mahasiswa, saya pernah ikut dengan Satya Wacana TV. Ini sebenarnya adalah TV kampus. Liputan seputar kampus.

Dan saya juga pernah ikutan membuat sebuah video klip. Dan pernah bikin live recording bandnya teman.

Tidak sampai di situ, karena aktifitas saya ini, saya sempat diajak bantu-bantu studio foto teman untuk urusan foto-foto kawinan, sunatan dan berbagai event lainnya. Lumayan uangnya. Jaman tahun 1990an saya dibayar Rp 50.000 udah banyak banget.

Aktifitas seperti ini kemudian terhenti. Saya tidak pernah urus yang beginian lagi.

Sahabat saya, kemudian hari Sabtu 17 Februari, mengajak bantu dia untuk syuting atau merekam video acara ulang tahun. Sumpah mampus, saya sudah lama sekali tidak seperti ini.

Tantangannya lagi adalah, ngerekamnya pakai kamera Mirrorless. Wuih! Kamera impian.

Saya pun mengiyakan. Sekalian belajar lagi dan ada rejekinya. Saya menggunakan kamera Sony A7S. Jujur saja, memegang dan mengoperasikan kamera ini benar-benar baru bagi saya.

Saya pernah memegang dan mengoperasikan Nikon D300. Tapi hanya untuk foto. Untuk merekam video, tidak sama sekali. Kamera Mirrorless ini benar-benar sesuatu yang baru bagi saya.

Beruntung saya bisa belajar meskipun ini kamera rental alias kamera yang disewa. Dan, acara ngerekam video berlangsung lancar. Bahagia? So pasti.

Untuk merekam video dan mengambil gambar saya sampai menggunakan tiga baterai bergantian, dan menggunakan mic serta lampu tambahan.

Untuk ukuran belajar, saya cukup puas.Dan bayarannya, lumayan. Cicilan motor 1 bulan!

Leave a Reply