close
Cerita

Selama Asian Games, Begini Pengaturan Lalu Lintas Seputar GBK

037906200_1530603766-054443200_1527322625-20180526-Uji-Coba-Ganjil-Genap-untuk-Asian-Games-Mulai-Awal-Juli-ANTONIUS-2

Pegelaran Asian Games, pesta olahraga terbesar ke-2 setelah Olimpiade kurang lebih dua pekan. Sudah semakin dekat. Belasan ribu atlet dari negara-negara di Asia akan datang ke Jakarta dan Palembang.

Agar acara ini lancar, yang tidak kalah penting adalah Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas. Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia sudah pasti akan melakukan pengaturan lalu lintas atau traffic management selama event berlangsung dari pembukaan sampai penutupan.

Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno akan menjadi venue utama. Beberapa cabang olahraga akan dipertandingkan di sini.
Untuk arah lalu lintas di Jalan Asia Afrika mengarah ke FX Sudirman, saat games time, pengaturan lalu lintas adalah dengan menutup Pintu V dari luar. Kendaraan dari Bundaran senayan juga tidak diperbolehkan berbelok ke arah Asia Afrika dan akan diarahkan ke Semanggi.

Kendaraan dari Bundaran Senayan yang menuju semanggi juga nantinya langsung akan diarahkan ke jalur cepat.

Nggak cuma itu saja. Untuk Traffic Light Jalan Asia Afrika, kendaraan dari Senayan City tidak boleh berbelok ke arah Jalan Asia Afrika. Kendaraan akan diarahkan ke Traffic Light Lapangan Tembak Senayan.

Lalu bagaimana dengan kendaraan dari Arah Lapangan Tembak? Khusus untuk ini nantinya akan diarhakan ke Bundaran Senayan, melewati depan Plaza Senayan. Intinya, tidak akan diperbolehkan melintasi Jalan Asia Afrika.

Pengendara baik sepeda motor maupun mobil beroda empat dan lebih, diharapkan oleh Korlantas Mabes Polri agar bisa mematuhi pengaturan arus lalu lintas selama Asian Games berlangsung.

Acara pembukaan dan penutupan Asian Games ini nantinya juga akan membutuhkan pengaturan lalu lintas.

Penonton yang datang untuk acara pembukaan dan penutupan, akan masuk melalui Pintu 5, 6 dan 7. Bagi media yang meliput, nantinya akan masuk dan keluar melalui pintu 09.

Nantinya, selama Opening dan Closing Ceremony, jalan di sekitar Gelora Bung Karno juga akan ditutup. Jalan tersebut adalah Jalan Pemuda, Asia Afrika dan Pintu Senayan.

Jadi, biar tertib, perhatikan ini ya.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: