close
Cerita

Sekarang Udah Bisa Mancing di (Citarum) Sini

IMG-20180802-WA0011_1533227559515.jpg

“Sekarang sudah bisa mancing di sini”

Begitu cerita salah seorang warga, yang ketika saya tanya, mengaku bernama Muchtar. Saya menemui Muchtar di salah satu wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Jembatan Biru, Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Saya memang sedang berada di Bandung untuk melihat hasil upaya pemulihan DAS Citarum yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum dengan Kemenko Maritim. Selain berkunjung ke Pabrik dan bertemu dengan beberapa komandan sektor (di tulisan saya sebelumnya), saya juga berkunjung ke Jembatan Biru di kawasan Bojongsoang ini.

Jembatannya memang berwarna biru. Makanya disebut kawasan Jembatan Biru. Di sini, Dan Sektor 6 Satgas Citarum Harum, Kolonel Yudi Zanibar Bercerita bahwa dahulunya kawasan ini penuh sampah. Bahkan orang bisa berjalan di atas sungai karena penuh sampah.

Mulai awal tahun 2017, pembersihan dilakukan dengan melibatkan aparat TNI dan juga warga setempat. Perlahan-lahan kawasan ini mulai berkurang sampahnya. Bahkan karena sampah berkurang, banyak warga yang mulai memancing di sungai Citarum ini. Saya panasaran. Kemudian saya mencari warga yang sedang memancing.

Saya menyusuri sungai dan akhirnya bertemu dengan mungkin sekitar empat warga yang sedang berada di pinggir sungai dan memancing. Seperti di awal tulisan ini, warga memang mengakui sampah sudah berkurang.

“Awalnya memang banyak sampah. Apalagi kalau musim hujan. Banyak sampah dari kota (Bandung) belum lagi limbah dari pabrik karena daerah sini banyak pabrik,” tutur Muchtar yang diiyakan warga yang lain.

Selain banyak sampah, air sungai Citarum ini berwarna hitam pekat. Kalau begitu, ikan mana yang bisa hidup?

Tapi, lambat laun, dengan himbauan dan kerja keras aparat TNI bersama dengan warga, sampah berkurang. “Warga akhirnya mendapat tambahan ekonomi. Kalau banyak yang mancing di sini, terutama akhir pekan, ada yang berjualan kopi dan makanan ringan,” cerita Kolonel Yudi.

Selain ada tambahan pendapatan, kesehatan warga akan lebih baik. Sampah kan membawa penyakit. Dengan sungai yang lebih bersih, setidaknya warga yang tinggal di sekitar sungai bisa lebih sehat.

Semoga Sungai Citarum bisa lebih bersih. Oh iya, saya kasih foto-foto yang lainnya juga ya.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: