SHARE

Setiap dari kita, pastilah punya makanan favorit. Seperti saya ini yang gemar menyantap gado-gado, pecel, dan sate.
Bisa dikatakan, ketika jenis makanan tersebut kerap saya santap. 

Bicara soal sate, kalau saya di Manado, saya menggemari sate Babi. Apalagi ada ragey atau sate Babi dengan daging yang besar-besar.

Tapi kalau di Jakarta, atau di daerah dengan mayoritas muslim, sate babi jarang ditemui kecuali di restoran Manado atau di penjual nasi campur.

Karena keterbatasan sate babi, ya saya menjadi penggemar sate ayam atau sate kambing. Sebenarnya sate sapi juga enak sih, tetapi ya jarang-jarang menemukan sate sapi di Jakarta ini.

Di tulisan-tulisan saya sebelumnya, saya pernah mengulas mengenai sate Madura enak di Pasar Sunter Podomoro. Namun, sebenarnya, ada satu lagi pedagang sate lagganan saya di kawasan sunter.

Pedagang sate ini jualan (ya eyalah masa pedagang nggak jualan_), di dekat Bank BNI Seberang RS Satya Negara, Sunter. Tidak jauh dari Jalan Agung Permai Raya.

Saya yang sempat bermukim lama di Sunter, sering makan sate baik sate ayam maupun sate kambing di sini.

Setelah hijrah atau pindah tempat tinggal di Tanjung Priok, Kebon Bawang, saya tetap suka ke Sunter untuk makan di sate langganan saya ini.

Beberapa bulan lalu dia saya datangi tapi tidak jualan. Karena kebetulan lagi lewat di Sunter dan melihat pedagang sate langganan ini jualan, saya langsung berhenti untuk makan.

Daging kambing yang disate di sini, setiap saya makan, selalu empuk. Sering loh sate kambing tempat lain alot dagingnya.

Sate ayam yang saya santap beberapa waktu lalu juga, bumbu kacangnya enak. Spicy dan tidak hambar. Tidak sekali atau dua kali bumbu kacang tukang sate yang saya icip, suka tidak terlalu enak rasanya.

Yang jualan, masih sama. Orang Madura. Memang sate Madura sih.

Saya ini tipe orang yang kalau suka makan di suatu tempat ya akan kembali lagi. Meskipun sempat lama untuk tidak makan, pasti saya akan kembali lagi. Hehe. Jadi ya bisa dikatakan, sate di sini cocok untuk selera saya, sampai saya harus kembali untuk makan.