close
Tekno Story

Pindah Faskes 1 BPJS Bisa Lewat Aplikasi

IMG_20170201_144010

Sebagian besar dari kita tentunya sudah membuat atau memiliki BPJS. Nah ketika mendaftar BPJS kita sekalian mendaftar faskes 1. Tapi kita tentunya terkadang berpindah tempat tinggal dan menjadi jauh dengan faskes 1 tempat kita daftarkan sebelumnya.

Untuk berpindah faskes 1 ini, ternyata kita tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan. Kita cukup menggantinya melalui aplikasi BPJS yang kita bisa unduh dari playstore.

Ini adalah data BPJS saya di aplikasi yang saya pasang di ponsel saya yang berbasis android. Kita akan lihat perubahannya nanti ya.

Untuk berpindah faskes 1, caranya gampang, untuk memudahkan penggantian faskes 1 ini, kita awalnya buka aplikasi BPJS di smartphone kita. Kalau belum install, silakan install dan daftar.
Nah setelah aplikasi terbuka, tampilannya adalah seperti ini

Setelah aplikasi terbuka, kita pilih ubah data peserta. Setelah diketuk atau di-tap akan muncul seperti ini

Setelah muncul seperti ini, Anda bisa tap atau ketuk pada tulisan faskes 1 yang akan kita ganti. Dalam tulisan ini adalah kelurahan Ancol. Kemudian, akan muncul pilihan memasukkan, provinsi, kota dan akan terbuka pilihan faskes 1. 

Karena saya berada di Jakarta, saya memilih provinsi DKI Jakarta.

Setelah itu kita memilih kota atau kabupaten. Dan pada faskes 1 kita bisa memilih faskes yang terdekat dengan tempat tingal kita

Kau kita sudah memastikan faskes 1 yang baru, Kita kemudian akan dikirimkan e-mail yang berisi angka utk verifikasi. Setelah itu kita masukkan

Setelah terverifikasi, maka faskes 1 kita akan berubah. Kita bisa mencek nya di menu awal aplikasi dan pilih menu peserta. Kalau lihat tampilan awal faskes 1 saya adalah kelurahan Ancol sudah berubah menjadi Kebon Bawang 1. Saya memang memilih faskes 1 ini karena dekat dengan tempat saya tinggal.

Mudah bukan?

Selamat mencoba

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.
%d bloggers like this: