close
Cerita

PBVSI Jakarta Utara, Membina Atlet Semenjak Muda

WhatsApp Image 2018-09-09 at 2.10.59 PM

Sebuah pesan lewat aplikasi Whatsapp masuk ke ponsel saya Sabtu Malam (kalau nggak mau dibilang malam minggu). Setelah saya check, ternyata pesan tersebut berasal dari sahabat saya, Wawan Setiawan, yang pernah saya tuliskan.

Wawan Setiawan ini merupakan Ketua PBVSI Jakarta Utara. Saya awalnya berpikir ada sebuah turnamen yang akan digelar oleh PBVSI Jakarta Utara. Acaranya Hari Minggu 9 September. Tapi ternyata bukan.

Setelah sampai di Gelanggang Remaja Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, bukan turnamen yang tengah digelar oleh PBVSI Jakarta Utara. Pagi itu, suasana sangat riuh dengan atlet bola voli yang masih muda. Bahkan ada yang anak-anak dan remaja. Wih!

Anak-anak dan Remaja baik Putra dan Putri ini, ketika saya sampai sedang bersemangat. Mereka berlari dan melakukan gerakan-gerakan. Ternyata mereka sedang berlatih dengan dibimbing oleh Pelatih Bola Voli dari PBVSI Jakarta Utara. Kang Wawan, bercerita kepada saya, para pelatih ini tentunya memiliki lisensi untuk memberikan latihan.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya di blog saya, Kang Wawan memang berkomitmen untuk membangun Bola Voli di Jakarta Utara. Salah satunya adalah dengan pembinaan sejak dini, seperti yang dilakukan hari Minggu ini.

Pembinaan, dilakukan Kang Wawan dengan merekrut atlet-atlet dari sekolah-sekolah yang ada di Jakarta Utara. Target kang Wawan dan PBVSI Jakarta Utara memang pelajar dari sekolah-sekolah yang ada tim Bola Volinya.

Lebih dari 100 pelajar, cerita Kang Wawan, datang ke Gelanggang Remaja Cilincing, untuk berlatih. Mereka juga akan diseleksi untuk menjadi atlet yang akan dikirimkan bertanding mewakili Jakarta Utara di Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi (POPPROV) DKI Jakarta.

Jumlah yang diseleksi kurang lebih 80 orang. Untuk SD nanti akan dipilih 20 siswa baik putra maupun putri, untuk SMP nanti 30 dan SMA 30 juga baik Putra dan Putri.

Nantinya, setelah diseleksi, para Pelajar ini akan diberikan pelatihan Bola Voli. Setelah mereka siap, baru nanti akan mengikuti POPPROV DKI Jakarta. Turnamen seperti ini nantinya akan membuat para calon atlet ini semakin berkembang karena ikut berkompetisi.

“Bukan tidak mungkin dari mereka nanti akan menjadi atlet Nasional dan bisa mewakili Indonesia di ajang internasional di masa mendatang,” kata Kang Wawan kepada Saya. Kang Wawan memang selalu optimis bahwa akan lahir atlet-atlet masa Mendatang dari Jakarta Utara.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: