SHARE

Semenjak Manchester United menunjuk Jose Mourinho menjadi manajer, 27 Mei lalu menggantikan Louis van Gaal, isu mengenai pembelian Paul Pogba terus merebak. Sudah hampir dua bulan kalau dihitung-hitung.Kita udah pada tau lah, Paul Pogba ini mantan pemain akademi Manchester United yang memilih meninggalkan Manchester United tahun 2012 lalu (eh bener kan ya?).

Manchester United sebenarnya sudah menyodorkan kontrak baru, tapi Paul Pogba sepertinya lebih memilih meninggalkan MUFC karena dia tidak mendapat jaminan akan menjadi pemain di tim utama, sementara Manajer legendaris MUFC kala itu, Sir Alex Ferguson sudah memintanya untuk bersabar.

Semenjak pindah ke Juventus, Paul Pogba bersinar. Dia menjadi juara Serie-a empat musim berturut-turut dan bersama Juventus mencapai final UCL musim 2014-2015 sebelum keok, kalah dari Barcelona.

Kebintangan dan peran penting Pogba di Juventus dan Euro 2016 ini membuatnya kembali digadang-gadang ingin dibeli MUFC dibawah Jose Mourinho. Bukan itu hanya MUFC, Real Madrid dan Barcelona plus Manchester City juga ingin mendapatkan tanda tangan Pogba.

Nilai Paul Pogba ini fantastis. Bisa mencapai 120 juta Euro atau sekitar 86 juta Pound. Udah entah berapa lah nilainya kalau dirupiahkan.

Pertanyaan saya, haruskah Manchester United menebusnya dengan nilai sebanyak itu?

Menurut catatan pribadi saya, kalau memang Paul Pogba nantinya bisa membawa MUFC kembali bersinar seperti di era Sir Alex Ferguson, bukan masalah. Uang 120 juta Euro itu kecil buat Manchester United yang mendapat suntikan dana besar dari Adidas dan Chevrolet setiap musimnya.

Secara bisnis, kehadiran Pogba juga akan membuat penjualan tiket Manchester United makin menggila, belum lagi Merchandise dan Aparrel. Apalagi ada Zlatan Ibrahimovic di MUFC yang bisa menambah pundi-pundi MUFC melalui penjualan jersey.

Sepakbola memang menggila belakangan ini. Harga pemain bisa sampai segitu mahal. Inilah industri. Kalaupun Paul Pogba dihargai segitu, dengan kebintangannya dan perkiraan dia bisa membawa Manchester United Juara,tidak ada masalah.Yang menjadi masalah, nantinya kalau dia flop atau malah meredup. Lah sayang kan uangnya segitu dibuang untuk satu pemain sementara bisa membeli pemain dengan talenta seperti Pogba ataupun yang akan seperti Pogba satu saat.

Banyak kok pemain dari Akademi atauU-21 MUFC yang bisa bersinar kalau misalnya diberi kesempatan. Atau banyak bintang lain yang bisa dibeli dengan harga lebih murah.

Tapi ya MUFC tetaplah MUFC. Klub yang bisa menghamburkan uang di bursa transfer. Big club gitu loh!

Leave a Reply