close
Tekno Story

Pakai Keyboard Bluetooth, Ngetik di iPad Makin Asyik

img_0199

Bicara soal membeli barang elektronik, saya ini termasuk orang yang pilih-pilih. Baik itu barang bekas ataupun baru. Hal ini juga berlaku ketika saya yang lagi keranjingan ngeblog, meskipun cuma satu blog dalam satu hari dan kadang-kadang lupa juga, mencari keyboard bluetooth untuk iPad Mini 2 saya.

Saya mencari bluetooth keyboard ini di marketplace semacam tokopedia dan bukalapak. Kadang-kadang juga saya berburu di olx ataupun ke toko seperti gramedia. Dan saya mencari bluetooth keyboard ini juga bukan dalam waktu pendek. Ada sekitar dua bulan saya browsing dan akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Sekitar bulan Maret 2017, saya sudah melihat-lihat di market place produk bluetooth keyboard ini. Harganya 475,000. Karena harganya segitu, saya masih mikir-mikir untuk membelinya. Saya juga masih mencari ke gramedia.

Akhirnya, Bulan Mei 2017 lalu, ketika saya sedang mencari-cari di marketplace bukalapak, saya menemukan ada yang menjual bluetooth keyboard seharga 275.000. Wah murah saya pikir. Tanpa pikir panjang, saya langsung order. Karena pakai gojek, barang cepat sampai.

Setelah membuka barang dan menyambungkannya dengan iPad saya, saya akhirnya menyadari, bahwa mengetik dengan bluetooth keyboard ini lebih asik. Layar semakin luas. Mengapa? Karena keyboard onscreen tidak tampak. Keyboard di layar akan otomatis tersembunyi ketika keboard bluetooth sudah tersambung.

Ini penampakannya ya

Nah, ketika saya mencoba tidak menyambungkan keyboard dengan iPad, on screen keyboard akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Kelihatan kan perbedaannya? Mengetik dengan keyboard yang terhubung, layar akan semakin luas. Kalau pakai onscreen keyboard, layar akan semakin sempit. Separuh layar isinya keyboard onscreen.

Keyboard yang saya beli ini juga, layout nya memang khusus untuk produk apple. Ada tombol option dan cmd yang memang khas apple. Tidak hanya itu, di atas kiri keyboard ada tombol home key. Kita tidak perlu pencet homekey di iPad. Cukup tekan tombol homekey di keyboard saja.

Keunikan dari keyboard ini juga adalah, kalau posisi iPad dalam mode standby, kita tinggal tekan spasi untuk membangunkan iPad. Pencet sekali lagi, kalau kita tidak menggunakan passkey, akan langsung masuk ke homescreen.

Mengetik dengan keyboard bluetooth jadi lebih asik dibandingkan dengan keyboard onscreen. Posisi meletakkan ipad juga membuat kesan seperti laptop. Kita bisa mengatur kemiringan ipad. Ada penjepitnya juga untuk iPad.

Blog ini juga saya tulis dengan menggunakan bluetooth keyboard. Nggak nyesel deh beli bluetooth keyboard ini, karena mengetik dan blogging jadi lebih mudah dan mengasyikan.

Tulisan ini, ada di tommi.id dan bacirita.id

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.
%d bloggers like this: