close
DSC_3477

Dari namanya saja sudah Kota Gudeg, jadi kalau tidak menikmati makanan khas Yogyakarta ini ketika berkunjung, pastilah tidak akan afdol atau ada yang kurang.

Seperti ketika saya sempat berkunjung ke Yogyakarta beberapa waktu lalu. Sebelum berangkat, saya dan teman sudah browsing mencari nasi gudeg yang enak dan khas di Yogyakarta. Sebagian besar yang berkunjung ke Yogyakarta pastilah akan berkiblat ke Gudeg Yu Djum.

Tapi saya dan teman, ingin mencari nasi gudeg yang lain. Setelah mencari di internet sebelum berangkat ke Yogyakarta, kami menemukan sebuah nasi gudeg yang direkomendasikan. Namanya Nasi Gudeg Mbok Lindu.

Sesampai di Yogyakarta, karena harus berurusan dengan pekerjaan, saya belum mencari nasi Gudeg Mbok Lindu ini. Baru setelah urusan pekerjaan selesai dan kami menginap di kawasan Sosrowijayan, saya dan teman bisa menikmati nasi gudeg ini.

Dan ternyata memang, nasi Gudeg Mbok Lindu ini letaknya di jalan Sosrowijayann. Masih berada di tempat kami menginap. Ketika hendak jalan-jalan ke kawasan Malioboro saya menemukan lapak Gudeg Mbok Lindu ini.

Setelah jalan-jalan di Malioboro, saya pun mampir untuk membeli Nasi Gudeg. Mbok Lindu yang sudah sepuh sudah tidak berdagang. Anaknya, Bu Ratih yang menjual Nasi Gudeg.

Warungnya pun sederhana. Gudeg, krecek dan lauk lainnya ditaruh di dalam panci berukuran cukup besar. Jangan berharap ada etalase. Masih sangat tradisional.

Karena sudah bernafsu makan, saya memesan semua lauk yang ada. Krecek, telur dan daging ayam. Ketika membayar, harganya sangat murah. Cuma 25.000.

Dan ketika menyantapnya, ternyata sangat enak. Daging ayam bumbunya sampai ke tulang terasanya. Kreceknya juga begitu. Sangat empuk dan spicy. Membuat lidah bergoyang. Gudegnya? Jangan ditanya lagi. Super enak.

Tak menyesal memang saya mencari lewat internet. Dan memang saya berjodoh dengan Gudeg Mbok Lindu ini, karena saya menginap tidak jauh dari tempatnya berdagang. Hanya berjalan kaki saja.

Kalau ke Jogja lagi, saya akan mampir lagi. Soalnya gudegnya sangat enak. Pembaca mungkin bisa mampir ke Gudeg Mbok Lindu ini juga untuk mencicipinya.

Ini foto-fotonya ya

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: