close
nasi pecel artha gading (4)

Nasi pecel, iya, nasi pecel ini sudah menjadi makanan favorit saya sejak lama. Bukan semenjak saya hijrah ke Jawa Tengah untuk kuliah. Namun kegemaran akan nasi pecel ini, sudah semenjak saya tinggal di Tontalete. Ibu saya suka membuat nasi pecel.

Kuliah ke Jawa Tengah, saya tetap masih menyukai nasi Pecel ini. Begitupun ketika saya mulai mengadu nasib di Jakarta. Tetap jadi makanan favorit.

Nah, di Jakarta ini, menjumpai nasi pecel, tidak hanya di restoran atau tempat makan di mall. Ada juga yang di kaki lima. Seperti nasi pecel favorit saya ini yang berada di samping kali, depan Mall Artha Gading (bukan di dalam mall ya!).

Penjual Nasi pecel ini, menggunakan mobil pickup untuk berdagang. Etalase makanannya, berada di bak terbuka. Ini penampakannya.

nasi pecel artha gading (2)

Nasi pecel ini, kuncinya juga ada di bumbu pecelnya. Dan nasi pecel yang dijual di tempat langganan saya (saya sebut langganan karena sudah berkali-kali makan di sini), ini bumbunya medok alias sangat enak. Pedas, asin, manis itu menggoyang lidah.

Bumbu pecel ini ditaburi di atas sayuran yang dikukus (atau direbus?) Semakin menambah enaknya. Kita bisa menambah lauk lainnya seperti gorengan, terong cabe (bukan terong-terongan digabung ama cabe-cabean) ya, bakwan, kentang, telur dan menu lainnya.

Soal harga, sangat murah. Kalau saya makan dengan sepotong bakwan, cuma 8000. Saya makan dengan terong dan kentang, cuma 10.000. Tidak mahal bukan?

Penjual ini buka diatas jam 19.00. Kalau kita datang sebelum jam 19.00 dia belum datang. Dia juga berjualan hingga malam. Saya yang sehabis nonton bioskop di Artha Gading XXI, jam 23 lewat masih suka makan di warung ini kok. Mau mencoba? Dijamin enak kok!

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

3 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: