SHARE

Yang namanya operator telepon seluler di Indonesia ini, jaringannya, kalau bisa dibilang tidak bisa diharapkan akan stabil terus.

Sebagai pengguna tablet produk apel, meskipun sudah bisa 4G LTE, tetap saja operator yang saya pakai tidak bisa diharapkan 100 persen akan terus bagus koneksinya.

Malahan, di tempat tertentu, tidak ada signal 4G, dan beralih ke 3G yang terkadang dan bahkan sering lambat sekali internetnya. Pasti lah geregetan kalau lagi lambat begini.

Sekitar Desember 2016 lalu, karena tidak bisa mengandalkan satu operator saja di dalam tablet saya, untuk membackup, saya membeli modem mifi Smartfren M3Y. Saya beli langsung di smartfren yang ada di seberang Mall Kelapa Gading Jakarta Utara.

Waktu itu saya beli modemnya hanya 299 ribu. 300 ribu dipulangin seribu rupiah. Karena beli langsung di Smartfren, tinggal kasih KTP, langsung registrasi dan on.

Karena saya waktu itu ada laptop yang akhirnya rusak (sedih kalau ingat), Modem ini selain untuk saya pakai koneksi internet di tablet, juga untuk browsing di laptop.

Untuk smartfren 4G LTE di wilayah tempat saya beraktifitas, bisa dikatakan cukup kencang. Ya saya tidak bisa memuji bilang sangat bagus internetnya, tapi bagus. Browsing masih cepat.

Yang saya senang dengan mifi M2Y ini, ya bisa dibawa-bawa. Dan baterainya yang awet kalau dipakai terus menerus, bisa tahan 4 jam. Kalau standby bisa lebih lama.

Pernah saya dalam perjalanan dari Cipanas kembali ke Jakarta, sepanjang perjalanan saya menggunakan koneksi dari M2Y ini. Sepanjang perjalanan koneksi tidak pernah terputus. 4G on terus.

Untuk memudahkan pengguna juga, bahkan ada aplikasi M2Y yang saya bisa download dari appstore, sehingga saya bisa membuka my smartfren untuk mengecek kuota yang tersisa. Ini lebih asik lagi. Kita nggak perlu repot-repot buka dari browser untuk mengecek kuota (lewat my.smartfren.com).

Untuk pembelian kuota juga sangat mudah. Tinggal kita isi pulsa sesuai dengan jumlah kota yang kita inginkan, setelah pulsa masuk langsung terpotong untuk registrasi kuota internet. Nggak pake ribet.

Sejauh ini, saya sih asik-asik aja memakai modem mifi Andromax M2Y ini. Soal koneksi memang beberapa spot seperti MoI dan Mall Artha Gading ada blankspotnya. Tapi ya, masih ada kartu di dalam tablet saya juga.

Modem ini sempat saya pinjamkan ke teman selama beberapa bulan. Dan bahkan menghilang. Tapi kemudian kembali lagi ke saya. Dan bisa saya gunakan kembali.

SHARE
Previous articleLapak Nasi Goreng Enak di Jalan Bugis Tanjung Priok
Next articleKetemu Mongol Stres
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply