close
Makang Sadap

Menikmati Pindang Ikan Patin dan Baung, Ikan Seluang dan Pepes Ikan Patin di Palembang

img-20180616-wa00081909175320.jpg

Lebaran, pasti sudah identik dengan yang namanya opor dan ketupat. Makanan ini saya bisa santap ketika berkunjung ke kerabat atau sahabat yang merayakan Iedul Fitri.

Namun, tahun 2018 ini sedikit berbeda. Saya berpetualang ke Pulau Sumatra. Hari ke-2 lebaran, saya tiba di Palembang setelah melalui jalur darat dari Kota Metro Lampung.

Sampai di Palembang, saya dan teman menginap di sebuah homestay. Usai beristirahat, kami jalan-jalan mencari makan. Karena banyak tempat makan tutup kami ke Jakabaring saja lah.

Tapi kami belum menemukan juga tempat makan dan akhirnya menemukan sebuah Mall yang Bernama OPI Mall. Keputusan langsung dibuat. Makan di mall sajalah.

Masuk ke mall, ada sebuah resto yang menjual makanan khas Indonesia. Namanya Chi Chi.

Menu makanan pun diberikan. Wah ada Pindang Ikan Patin dan Ikan Baung. Kami juga memesan Pepes Ikan Patin dan Ikan Seluang.

Langsung pesan. Cukup lama saya menunggu.

Pesanan pun datang.

Karena Pindang Ikan Baung dan Patin ini berkuah, langsung saya seruput kuahnya.

Lidah langsung memberikan kode ke otak! Enak dan menyegarkan. Rasa Asam dan Manis membuat lidah bergoyang.

Kepala Ikan Patin dan Baung yang dimasak Pindang sungguh enak. Kepala Ikan Baung daginya banyak dan empuk. Hal yang sama berlaku untuk Ikan Patin.

Pepes Ikan Patin juga terasa enak bumbunya. Woh!! Bumbu meresap hingga ke daging ikan.

Bagaimana dengan Ikan Seluang? Ikan Seluang ini seperti ikan teri. Digoreng garing. Ketika disantap sangat renyah dan tidak asin.

Soal harga, meskipun di dalam mall, tidak mahal. Seporsi Ikan Patin Pindang dan Pepes hanya 25.000. Pindang Ikan Baung 50.000.

Kalau ke Palembang atau Sumatra Selatan, tidak ada salahnya mencicipi Pindang Ikan Patin dan Baung Ini.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: