SHARE

Semenjak tahun 2016, saya  kembali aktif ngeblog. Karena memang hobi atau gemar menulis dan ya curhat lewat menulis.

Blog yang awal saya itu bacirita.id. Sebenarnya ini melanjutkan blog saya yang sudah lumayan dikenal, bacirita.com yang gue bikin tahun 2014 lalu. Tapi karena mood blog menghilang, akhirnya data semua kehapus. Domain pun lepas.

Karena keinginan ngeblog muncul lagi, ya akhirnya saya bikin lagi. Mulai dari bacirita.id. Tadinya mau registrasi pake.com, tapi karena tidak available, akhirnya saya registrasi bacirita.id. Biar lebih terkesan Indonesia.

Setelah kurang lebih setahun berjalan, saya kemudian meregistrasi domain tommi.id. Sebelum meregistrasi tommi.id, sebenarnya udah beberapa kali gonta ganti domain. Mulai dari tommy.my.id, tommybernadus.com dan akhirnya memilih tommi.id. Kenapa? Saya pengen singkat-singkat aja.

Setelah itu, saya juga sempat meregistrasi camucamu.id dan pigipigi.id untuk mendiversifikasi blog bacirita.id. Jadi dua blog ini, sya bikin untuk lebih spesifik aja.Food Blog dan Travel Blog. Tapi kemudian gue malah meregistrasi bapontar.id setelah domain tersebut available. Sebelumnya sudah diregistrasi orang, tapi akhirnya lepas dan langsung Saya registrasi.

Daripada diambil orang lagi? Hayo!

Akhirnya blog gue udah saya. Bacirita.ID, TOMMI.ID, Bapontar.ID dan bulan Desember, gue melahirkan sebuah blog lagi, yakni tatoki.me. Gue pake domain .me karena gue pengen beda sih dibandingkan dengan tiga blog yang lainnya. Tapi tidak tertutup kemungkinan akan meregistrasi tatoki.id juga. Sayang kalau diambil orang.

Setelah tatoki.me mulai berjalan, ini berarti saya mengurus empat blog.

Mengurus empat blog ini, tidak mudah tapi asik. Kenapa?

Yang jelas, saya setiap bulan, harus mengeluarkan uang. Bayar hosting bulanan, dan bayar domain tiap tahun. Tidak banyak memang sih, tetapi lumayan juga pengeluarannya. Masih diangka 150an ribu sih.  Masih sanggup lah.

Selain itu juga, gue harus menulis. Blog harus terpelihara dengan baik. Jangan cuma dibikin, trus didiemin gitu aja. Sayang sih, bayar tiap bulan tapi dianggurin.

Menulis tiap hari di blog memang terkadang terasa berat. Apalagi kalau nggak tau apa yang mau ditulis. Sampe harus menghayal dulu, baru nulis.

Namun semenjak ada tatoki.me ini, saya mulai rajin nulis apapun. Ya karena blog ini saya siapin untuk menulis tentang berbagai hal.  Dan semoga saja spirit untuk menulis tetap ada terus.

This slideshow requires JavaScript.

SHARE
Previous articleBlog Saya Teranyar : Tatoki.Me
Next articleMelihat-lihat Lampion di Candra Pasar Pagi Lama
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply