SHARE

Sudah baca ulasan saya mengenai aplikasi iJakarta, sebuah aplikasi perpustakaan digital untuk membaca buku secara gratis? Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain aplikasi Digital Library iJakarta tersebut, ada aplikasi juga yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Namanya adalah Informasi Pangan Jakarta (IPJ).

Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore untuk yang berbasis Android dan di Appstore untuk yang berbasis iOS.

Saya mengetahui aplikasi ini, ketika saya mencari aplikasi iJakarta dan di layar tablet saya, iPad Mini 2, ada aplikasi ini juga yang ditawarkan untuk diinstall.

Awalnya saya tidak tertarik, tapi lama kelamaan pengen install juga. Setelah saya install, dan saya menjalankan atau membuka aplikasi ini, jujur saja, saya terkagum-kagum.

Kenapa? Karena bagi saya aplikasi ini sangat bermanfaat. Terutama bagi ibu-ibu atau asisten rumah tangga (ART) yang ingin berbelanja ke pasar, bisa mengetahui harga pangan atau kebutuhan pokok.

Yang keren dari aplikasi ini, selain menyajikan harga rata-rata seluruh kebutuhan pokok atau bahan pangan di seluruh DKI, kita bisa melihat harga kebutuhan pokok berdasarkan pasar.

Kita tinggal memilih pasar mana, mengetuk atau “tap” dan akan tampil di layar ponsel atau tablet kita daftar harga.

Selain memilih pasar mana, kita juga bisa memilih berdasarkan komoditas. Bisa beras, sayur mayur dan buah, kebutuhan pokok I dan Bahan Pokok II.

Tinggal mengetuk, dan memilih berdasarkan komoditas. Simpel sekali.

APlikasi ini, dari penelusuran saya, merupakan bagian dari Jakarta Smart City. Dan aplikasi ini sangat bermanfaat. Kita tidak perlu repot menebak-nebak harga barang di pasar.

Kita juga tidak perlu khawatir ke pasar dengan tidak membawa uang yang cukup, karena kita sudah mengetahui harga rata-rata.

Boleh dibilang, Pemprov DKI memang terus berinovasi dengan mengeluarkan aplikasi yang bermanfaat seperti ini. Dan ini, bagian dari Jakarta yang Bersih, Maju dan Melayani.

REVIEW OVERVIEW
Kemudahan
Manfaat
Tampilan
SHARE
Previous articleKupat Tahu Enak di Penjaringan
Next articleDanau Sunter Barat yang Semakin Berubah
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply