SHARE

Dalam hidup kita, pastilah kita akan melakukan aktifitas di jalan. Baik untuk urusan kerjaan, keluarga hingga urusan pribadi. Ketika berada di perjalanan, pastilah sebagian dari kita akan menggunakan kendaraan pribadi, kita biasanya memonitor situasi lalu lintas lewat radio yang ada di kendaraan kita ataupun lewat gadget.

Lalu lintas juga kita biasanya memonitor lewat social media melalui sejumlah akun twitter, semisal milik Polda Metro Jaya ataupun NTMC Mabes Polri. Begitu juga sejumlah akun radio, ataupun media juga kerap memberikan informasi lewat twitter.

Ketika saya menjadi panitia Rembuk Nasional 2016 di Grand Sahid Jaya, di depan Puri Agung saya melihat ada booth atau stand Mabes Polri. Ketika saya menghampiri, kemudian seorang Polwan Cantik, Bripda Tiara, memberikan informasi kepada saya soal aplikasi yang bisa memantau Lalu Lintas.

“Mas udah install aplikasi NTMC POLRI TV belum? ” tanya Tiara kepada saya. Saya pun bilang, wah ada aplikasinya buat di gadget ya? Selama ini saya memang mengetahui informasi lalu lintas lewat akun twitter NTMC Mabes Polri. Ternyata sudah ada aplikasinya juga.

Mbak Tiara mengatakan, aplikasi ini ada di Playstore maupun Appstore. Karena saya pakai iPad, saya pun bertanya apakah tersedia buat iPad. Karena mbak Tiara bilang tersedia, saya pun langsung membuka appstore dan mencari aplikasi. TERNYATA BENERAN ADA!!

Saya pun menginstall dan setelah itu, Tiara memberikan penjelasan kepada saya. “Tap gambar yang ini ya,” kata Tiara menunjuk icon bergambar televisi.

Setelah itu sejumlah menu terlihat. Wah keren deh. Yang menarik perhatian saya adalah CCTV Live. Di menu ini ketika saya tap dengan dibimbing polwan cantik (duh jadi nggak konsen deh), ada sub menu seperti Metro, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Lampung.

WAW!

Saya bisa melihat situasi lalu lintas secara langsung dari gadget saya dong!! Ini mah keren!!

Tiara bahkan bilang ke saya, untuk CCTV di Jalur Mudik lewat Utara maupun Selatan bisa dilihat juga. Wah-wah waaaah!!!!!!!! Asik nih, kita bisa melihat lalu lintas lewat CCTV di Sejumlah daerah dan juga Jakarta.

Karena aplikasi ini sangat mudah, tidak perlu penjelasan cukup banyak dari Tiara. Saya langsung bisa tap sana sini untuk mengakses CCTV di sejumlah ruas jalan.

Bisa saya katakan aplikasi ini sangat mudah. Tidak perlu ribet untuk buka. Tinggal pilah pilih saja. Kita bisa lihat situasi lalu lintas.

Buat pengendara, sebelum melewati jalur tertentu, bisa buka aplikasi ini. CCTV yang ditampilkan juga 24 jam dan real time. Asik deh.

Kekurangan dari aplikasi ini, ya butuh internet yang cepat aja. Maklum, streaming. Selain itu juga, beberapa CCTV ya suka offline aja. Tapi setidaknya bermanfaat.

Sudah install? Tersedia kok buat gadget berbasis Android atau iOS. Install yukk!!

Untuk screen shot aplikasi ini, bisa dilihat di galeri foto di bawah ini :

This slideshow requires JavaScript.

REVIEW OVERVIEW
Kemudahan
Tampilan
AKses Internet
SHARE
Previous articlePedestrian yang Dibangun di Kelapa Gading, Kini Berbeda
Next articleAsik! Setiap RPTRA Dibekali Tablet untuk Mengakses Perpustakaan Digital

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.
Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga.
Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.