SHARE

Sebelum saya ke Kantor Kelurahan Kebon Bawang, seperti yang saya ceritakan di blog saya sebelum ini, dan sebuah catatan saya di journal.my.id, saya mampir ke Kantor Kelurahan Papanggo.

Kelurahan Papanggo ini, masih masuk dalam kecamatan Tanjung Priok. Kantor kelurahannya, tidak terletak jauh dari Universitas 17 Agustus (Untag atau UTA).

Jarang-jarang dan mungkin ini baru pertama kali saya mampir ke Kantor Kelurahan Papanggo. Kalau ke Wilayah Papanggo sih udah sering. Tapi ke kantor Kelurahan ini, baru pertama kali.

Ketika masuk Kantor Kelurahan, dari jalan. Saya melihat ada gerobak untuk mengantuk sampah yang berjejer atau dijejerkan rapi di halaman Kantor Kelurahan.

Ketika masuk ke kantor Kelurahan, karena hari minggu ya otomatis tidak ada staff, ataupun pelayanan. Saya datang ke sini, bersama teman saya. Pak Darso namanya.

Di samping kantor kelurahan, ada rumah dinas  lurah. Saya lihat, pak Lurah lagi nongkrong santai di depan rumah dinas. Setelah menunggu sebentar, dan lihat-lihat di Kantor Kelurahan, saya akhirnya bisa ngobrol-ngobrol dengan lurah.

“Gerobak sampah ada 54, nanti dibagikan ke 13 RW yang ada di Kelurahan Papanggo,”  Cerita Pak Lurah Papanggo, Maryono.

Setiap RW, nantinya akan mendapat empat gerobak sampah ini. Jadi 52 gerobak sampah total akan dibagikan.

“Yang dua nantinya buat di Kelurahan”

Pak lurah bercerita, gerobak sampah ini nantinya akan mengangkut sampah dari rumah warga, ke lokasi pembuangan sampah sementara.

“Untuk pengaturannya, RW masing-masing yang mengatur”

Kehadiran gerobak sampah ini tentunya akan membuat lingkungan semakin bersih. Sampah yang ada di rumah warga di gang sempit, jalan sempit yang tidak bisa dilalui oleh mobil truk sampah, bisa diangkut dengan gerobak sampah ini.

Sepanjang pengetahuan saya, di Kelurahan Sunter Agung juga sudah mendistribusikan gerobak sampah. Bahkan Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara juga mendistribusikan gerobak sampah hingga ke sekolah-sekolah.

Semoga dengan hadirnya gerobak sampah ini, sampah di lingkungan bisa terangkut dan lingkungan menjadi bersih.

gerobak sampah papanggo 1

Leave a Reply