close
Bis-Modern-22-6-2015-237

Ada satu kebiasaan saya, kalau lagi jenuh, dan ingin “killing time” atau ya daripada bengong, cuma scoroll timeline twitter atau main game doang.Kebiasaan saya ini, naik Transjakarta, Keliling Jakarta.

Kemarin Minggu 21 Agustus, selesai saya update website yang biasa saya kelola, meski website kecil-kecilan, yang sampe dibilang sama teman, media ecek-ecek, saya rencana awalnya mau pulang ke kos-an saja.

Tapi, karena saya mikir, ah ngapain juga di kosan, akhirnya saya mikir, ya udah keliling Jakarta naik Transjakarta aja.

Dari tempat saya biasa update web, di Kantor Walikota Jakarta Utara, saya langsung meluncur ke Halte Transjakarta Walikota Jakarta Utara. Jalan kaki cuma sekitar 3-5 menit.

Naik tangga yang lumayan tinggi, akhirnya saya sampai di halte Transjakarta Walikota Jakarta Utara yang ada di seberang. Plan awal, Naik Koridor 12, ke Stasiun Kota.

Tapi, plan berubah. Yang datang duluan bus biru Transjakarta yang merupakan bantuan dari Kementrian Perhubungan. Bus ini Koridor 10, Tanjung Priok P- PGC Cililitan. Karena kosong, tak butuh waktu lama untuk saya berpikir naik aja lah.

Plan keliling Jakarta pun berubah. Saya akhirnya naik ke arah PGC, menurut rencana saya akan turun di Halte UKI Cawang, dan melanjutkan naik Koridor 9 Pinangranti Pluit. Wehehehehe.

Cuma butuh sekitar 40an menit perjalanan dari Halte Walikota Jakarta Utara sampai ke Halte UKI. Dan saya tidak lama menunggu, bus Koridor 9, berupa bus Scania Gandeng sudah tiba. Dan tidak banyak penumpang. Bisa duduk.

Langsung naik deh saya!

Perjalanan ke Pluit dari Halte UKI, butuh waktu sekitar tidak sampai satu jam. Jalanan lancar. Karena hari Minggu. Rute Koridor 9 ini melewati jalan MT Haryono, Gatot Subroto, S Parman, Latumeten.

Lumayan lah bisa sight seeing Jakarta di kala malam. Sekalian killing time.

Saya tiba di Halte Penjaringan, sekitar jam 20.50. Lupa nyatet jam-nya. Di Halte Transjakarta Penjaringan ini, halte start Koridor 12, Penjaringan Tanjung Priok. Ini artinya Koridor terakhir, alias, saya sudah akan kembali ke Priok.

Sekitar 10an menit menunggu, bus Koridor 12 akhirnya sampai di Halte. Saya pun naik, dan kosong ya bisa pilih kursi paling Belakang dong. Asiiik!

Perjalanan kembali ke Halte Walikota Jakarta Utara, butuh sekitar satu jam juga. Melewati Kota, Mangga Dua, Kemayoran.

Akhirnya jam 21 lewat saya tiba di halte Start saya. Walikota Jakarta Jakarta Utara. Puas deh keliling Jakarta pake Transjakarta.

Sebelumnya, soal keliling-keliling ini, sekitar Bulan Juli, saya lupa persisnya, saya berangkat dari Halte Sunter Kelapa Gading, naik Koridor 12 ke Halte Kota, Kemudian saya berpindah ke Rute Kota Pinang Ranti dan saya turun di Halte UKI Cawang dan kembali ke Tanjung Priok dengan Transjakarta Koridor 10.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: