close
Cerita

Kang Wawan Setiawan dan Komitmennya Terhadap Bola Voli

IMG-20180731-WA0002.jpg

Saya pertama kali berkenalan dengan Kang Wawan (Sapaan saya untuk Wawan Setiawan), kira-kira dua tahun yang lalu. Teman saya di Pemkot Jakarta Utara, Pak Sudarso yang mengenalkan.

Perkenalan kami terjadi ketika Kang Wawan ini menjadi ketua Panitia Pemilihan Ketua Umum KONI Jakarta Utara. Tapi perkenalan awal ini ternyata berlanjut.

Kang Wawan, kemudian saya kenal sebagai Ketua Umum Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jakarta Utara. Di sinilah saya mulai melihat komitmennya di Bola Voli.

Tahun 2016, Kang Wawan menggelar Turnamen Bola Voli antar pelajar Se Jakarta Utara. Kang Wawan yang masih belum setahun memimpin PBVSI Jakarta Utara sudah berani menggelar turnamen.

Persiapan Turnamen ini, bukanlah mudah. Kang Wawan bersama dengan pengurus harus mencari dana ke sana sini. Dengan penuh perjuangan, meskipun harus menguras kantong pribadi, turnamen berhasil digelar.

“Saya ingin mencari bibit muda atlet Bola Voli”

Begitu kang Wawan menegakan kepada saya.

Di Tahun 2017, Kang Wawan kemudian dipercayakan untuk mencari atlet Voli Muda dari Jakarta Utara untuk Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi DKI Jakarta. Atlet ini dicari dari tingkat SD hingga SMA.

Mereka akan mewakili Jakarta Utara, di POPPROV Tingkat DKI Jakarta. Sekali lagi, dengan merogoh kocek sendiri, kang Wawan melaksanakan seleksi ini. Saya bahkan menyempatkan diri untuk ikut melihat seleksi ini.

Tahun 2017 lalu juga, Kang Wawaan sempat ingin membuat turnamen Bola Voli Piala Walikota Jakarta Utara. Namun sayannnnnnnngnya, karena Gelanggang Remaja Jakarta Utara hendak direnovasi, turnamen Batal dilaksanakan.

Tapi, tahun 2018 ini, Kang Wawan kembali menggelar Turnamen Bola Voli Antar Pelajar. Kang Wawan yang menghubungi saya setelah turnamen usai, meminta maaf karena mempersiakan turnamen ini hampir seorang diri saja, lupa mengabarkan saya.

Turnamen antar pelajar ini diikuti oleh 24 sekolah dari SD sampai SMA yang memiliki tim Bola Voli. Dan saya pun sudah tahu, kalau kang Wawan memang merogoh koceknya untuk kesekian kalinya.

Turnamen ini bukan hanya untuk mencari atlet muda. Yang terpenting adalah untuk menggelorakan Asian Games 2018. Kang Wawan ingin agar anak – anak Sekolah dari SD hingga SMA ikut merasakan demam Asian Games dengan turnamen Bola Voli. Keren nggak sih?

Saya melihat, kang Wawan memang sangat berniat sekali untuk memajukan Bola Voli di Jakarta Utara. Bukan hanya satu atau dua kali saja kang Wawan curhat ke saya soal mengurusi PBVSI di Jakarta Utara. Saya menyemangatinya dengan mengatakan ini dinamika organisasi. Kalau nggak ada konflik, nggak ada yang seru.

Niat Kang Wawan mengurusi Bola Voli tidak ada unsur politis tidak ada yang dikejar juga. Kang Wawan memang benar-beenar tulus mengurusi PBVSI Jakarta Utara. Ditengah kesibukannya sebagai salah satu perusahaan besar dan sangat besaar di Pelabuhan Tanjung Priok, masih sempat membagi waktu demi Kemajuan Bola Voli.

Bahkan Kang Wawan juga menjadi pengurus RT di tempatnya tinggal. Duh kang Wawan. Kok sempat ya.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: