SHARE

Semenjak akhir tahun 2017 lalu, Bank Indonesia memperkenalkan kartu Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN. GPN ini semacam Visa atau Mastercard, tapi khusus untuk Indonesia.

Nah setelah GPN diluncurkan, sekitar bulan April lalu, perbankan mulai mengeluarkan kartu ATM/ Debit yang GPN. Bank Mandiri dan Bank BCA melakukan launching khusus untuk kartu GPN ini. Tertarik? So pasti dong.

Kebetulan kartu ATM BCA saya sudah patah, saya memang harus menggantinya. Di kantor cabang bank BCA saya melakukan penggantian kartu ATM. Ketika saya request untuk kartu GPN, ternyata belum tersedia. Gagal deh pake ATM yang GPN.

Beberapa bulan berlalu, ketika saya mengupdate aplikasi Jenius, karena memang saya pengguna aplikasi jenius dari Bank BTPN, akhirnya update. Ketika melakukan update, di bagian informasi aplikasi ada tertulis sudah tersedia X-Card Jenius BTPN yang GPN.

Wah tertarik dong saya. Karena X-Card saya sudah 3 kartu, saya pun mematikan salah satu X-Card saya. Yang warna biru. Karena kartu GPN memang berwarna biru.

Untuk request kartu Jenius BTPN X-Card ini mudah banget kok. Cuma lewat aplikasi. Setelah lakukan request pada hari Sabtu 26 Mei lalu, Rabu 30 Mei, kartu sudah diantarkan. Wajar sih diantar Rabu, karena hari Selasa 29 Mei libur dan saya lakukan permintaan pada akhir pekan.

Setelah kartu sampai, saya pun melakukan aktifasi kartu. Dan bisa dipake deh. Asoy!

Oh iya, kenapa di foto, kartu tidak saya tutupi nomornya? Saya pikir aman kok. Kan pake CVV. Aman deh. Dan akhirnya saya punya kartu yang GPN.

Kita harus mendukung sesuatu yang positif dari pemerintah doong. Soal GPN ini, nanti saya akan ceritakan manfaatnya ya. Kalau saya udah gunakan.

SHARE
Previous articleiPhone atau iPod Touch
Next articleMoneymoji, Cara Kirim Uang Unik Jenius BTPN
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply