SHARE

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sepertinya terus berinovasi. Selain meluncurkan aplikasi Qlue dan Crop, ternyata ada satu aplikasi lagi.

Kali ini hadir perpustakaan digital dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta yang menggandeng PT Woolu Aksara Maya. Mereka berkolaborasi untuk menghadirkan aplikasi perpustakaan digital bernama iJakarta.

Awalnya saya pikir ini hanya sebatas katalog perpustakaan daerah. Tapi setelah diceritakan Kepala Kantor Perpustakaan Daerah dan Arsip Kota Jakarta Utara, pak Bambang Chaidir, akhirnya saya tahu kalau aplikasi ini ternyata perpustakaan digital.

“Sudah coba install aplikasi iJakarta? Bisa baca buku gratis di gadget kamu lho”

“Ah yang bener pak?”

“Iya coba install aja”

Saya pun menginstall aplikasi ini di iPad saya. Saya memang sudah tidak memakai smartphone. Dalam dua bulan terakhir saya pakai iPad saja dan handphone biasa.

Wah ternyata aplikasi ini gratis.

Ini tampilan di appstore dan tampilan depan aplikasi ini (ini tampilan di iPad. Tampilan di iPhone, Android ataupun tablet android akan berbeda)

IMG_2265

IMG_2243
Setelah menginstall, saya melakukan pendaftaran agar bisa meminjam buku.

Caranya gampang kok. Tinggal tap di tiga garis di sebelah kiri atas. Bisa link ke akun facebook kita, bisa juga daftar dengan menggunakan email kita.

IMG_2273
Saya pilih mendaftar menggunakan email saja. Setelah mendaftar dan mengisi form, kita akan mendapatkan email konfirmasi bahwa sudah terdaftar.

IMG_2275

IMG_2247

Nah, kita udah bisa pinjam buku ya. Silakan pilih buku, caranya di sampul buku. Kalau mau memilih buku, juga bisa memilih buku sesuai genre buku.

IMG_2242

Untuk meminjam buku, kita pilih buku yang akan kita pinjam dengan cara mentap pada cover buku. Akan muncul detail buku seperti ini.

IMG_2245

Nah setelah itu tinggal kita tap pada bagian bawah buku, yang bertuliskan “Pinjam” dan akan segera di download buku yang kita pinjam.

Eh iya, kita juga harus menentukan dari e-pustaka mana buku akan kita pinjam.

IMG_2255

Setelah itu akan ada notifikasi buku sudah masuk ke koleksi peminjaman kita. Silakan tap menu di bawah yang sebelah icon rumah dan akan muncul buku yang kita pinjam. Dalam satu hari kita dibatasi meminjam cuma tiga buku lho.

 

Batas peminjaman juga selama tiga hari. Kalau sudah lebih dari tiga hari, buku akan hilang dari daftar koleksi peminjaman kita.

Kita juga bisa mengembalikan buku kok. Caranya gampang. Kita tinggal klik tanda “i” pada bagian kanan sebelah tulisan riwayat dan kemudian pada akan tampil seperti ini dan tinggal tap pada bagian hapus. Akan muncul menu seperti ini

IMG_2266

Nah, kalau kita kembalikan bukunya, bisa langsung hilang dari daftar koleksi kita. Ini menu koleksi buku kita ya.

IMG_2269

Untuk membaca bukunya, tinggal tap pada cover buku di koleksi buku kita, kemudian akan muncul tentang buku tersebut dan kita tap pada tulisan “Baca” di bagian bawah sampul buku.

 

Kemudian, muncullah e-reader atau buku yang akan kita baca. Tinggal scroll ke atas bawah atau kiri kanan (bisa diset). Kita juga bisa menandai sampai dimana kita membaca buku tersebut. TInggal tap pada icon bookmark buku di menu kanan atas”. Sangat mudah bukan?

IMG_2272

Saya yang sudah menggunakan aplikasi iJakarta ini, merasakan kemudahan penggunaan aplikasi ini. Selain itu juga, aplikasi ini tidak memberatkan gadget kok.

Tidak perlu review panjang lebar soal aplikasi ini. Mudah sekali penggunaannya kok. Kekurangan nya, ada buku tertentu yang kita harus antri karena banyak yang meminjam.

Untuk aplikasi ini, menurut saya layak dapat empat bintang!!

REVIEW OVERVIEW
Kemudahan Penggunaan
Apps Loading
SHARE
Previous articlePaul Pogba. Layak Ditebus Mahal?
Next article#TetapAhok
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

4 COMMENTS

Leave a Reply