close
Cerita

Hari Ini, 70 Tahun yang Lalu PON Pertama Kali Digelar.

IMG-20180909-WA0018.jpg

Sepekan lalu, Asian Games 2018 ditutup dengan sebuah opening Ceremony di Gelora Bung Karno. Upacara penutupan tersebut, menampilkan tata cahaya apik nan indah meskipun sempat diguyur hujan sepanjang petang.

Sepekan kemudian, tanggal 9 September ternyata diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional atau Haornas. Saya pun mencoba mencari tahu, kenapa hari ini diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional.

Dari informasi yang saya telusuri, ternyata 9 September 1948, adalah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional, atau PON yang pertama. Wah ternyata PON sudah digelar dari 70 tahun lalu.

Yang menarik dari sini adalah, persiapan penyelenggaraan PON ini yang super singkat. Hanya 1,5 bulan. Bayangkan saja, Indonesia waktu itu sedang mempertahankan kemerdekaan. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan ditengah agresi militer, sebuah event olahraga nasional digelar.

Presiden Pertama RI, Soekarno, menggelar event ini, karena dia “mangkel”. Indonesia tidak boleh ikut perhelatan Olimpiade karena IOC melarang Indonesia untuk ikut berlaga. Kalaupun berlaga di sana, dengan membawa bendera Merah Putih Biru. Enak aja!

Delegasi yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang melobi agar Indonesia bisa ikut Olimpiade London 1948 gagal membuahkan hasil.

Sekali lagi, dengan persiapan hanya satu setengah bulan, akhirnya PON pertama berhasil diselenggarakan. Tentunya ini membanggakan dan menjadi tonggak sejarah.

70 tahun kemudian, Indonesia kembali mengukir sejarah. 31 medali emas direbut dari Asian Games 2018. Total medali terkumpul 98 medali. Penyelenggaraan Asian Games menjadi perhatian dunia.

Selamat Hari Olahraga Nasional!

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: