SHARE

Indonesia merupakan captive dan strategic market untuk Narkoba. Arteria Dahlan, Anggota Komisi III DPR RI mengatakan hal tersebut di Forum Merdeka Barat 9. Kali ini Forum Merdeka Barat membahas Pemerintah Serius Tangani Narkoba.

Arteria mengatakan, di Indonesia ini ada kurang lebih 1 juta orang merupakan pecandu narkoba dan lebih dari 1,6 juta orang yang menggunakan narkoba secara rutin.

Karena itu, Arteria mengatakan, Indonesia ini sudah darurat Narkoba. Dan Narkoba harus diperangi.

Arteria juga mengatakan, salut dengan Kinerja Badan Narkotika Nasional, dengan anggaran yang tidak besar tetapi tetap berhasil memerangi Narkoba.

Sementara itu, Kepala BNN yang baru dilantik Presiden Joko Widodo, Irjen Pol Heru Winarko mengatakan, untuk tahun 2018 ini pihaknya menargetkan untuk menangkap 26 sindikat besar Narkoba.

Heru juga mengatakan, Narkoba juga saat ini sudah masuk ke desa-desa. Karena itu, BNN akan menciptakan sistem untuk menangkal narkoba masuk ke desa bekerjasama dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Ditambahkan Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi, pihaknya juga serius dalam memberantas narkoba. Bea dan Cukai juga menegakkan hukum terutama UU Narkoba dan Psikotropika.

Dirjen juga mengatakan, Narkoba ini merupakan kejahatan yang terorganisir. Karena itu untuk memberantasnya perlu perencanaan juga.

Bea dan Cukai sendiri akan terus bersinergi dengan berbagai pihak. Bea dan Cukai ini juga memiliki sistem informasi, analisa, hingga enforcement bersama untuk memerangi narkoba ini.

Leave a Reply