SHARE

Sudah beberapa bulan ini, saya tidak tinggal di Sunter lagi. Otomatis, saya jarang-jarang lewat di Danau Sunter.

Apalagi saya kebanyakan menggunakan transportasi publik transjakarta yang tidak melintasi Danau Sunter. Semakin jarang melintas Danau Sunter. Kecuali ada keperluan.

Pas Idul Adha, saya berniat keliling-keliling Jakarta. Mumpung libur. Sekaligus mengambil foto dengan tablet saya.

Salah satu yang saya tuju, adalah Danau Sunter. Nah Danau Sunter ini ada dua, Danau Sunter Timur dan Danau Sunter Barat. Kedua Danau ini terpisah.

Danau Sunter Timur, adalah Danau Sunter yang lebih tertata. Ada restoran, tempat nongkrong dan bahkan tempat memancing di pinggiran danau. Dari yang berbayar, sampai gratisan.

Danau Sunter Barat ini nasibnya cenderung berbeda. Bisa dikatakan, lebih “dicuekin”. Apalagi di pinggiran Danau Sunter, ada rumah warga.

Jujur saja, Danau Sunter Barat ini, lebih sering dipenuhi sampah. Entah dari mana datangnya. Mungkin dari rumah warga, mungkin juga dari orang yang suka sembarangan buang sampah.

Dan yang pasti, tidak ada yang mengangkat sampah tersebut.

Tapi, dua tahun terakhir ini, agak berubah. Saya yang ketika masih tinggal di Sunter, sering melihat ada kapal kecil yang kerap mengangkat sampah dari Danau Sunter.

Dan itu masih terus berlangsung sampai sekarang.

Tahun 2014 awal, Danau Sunter ini juga sempat dikeruk agar semakin dalam. Semakin dalam berarti daya tampung air semakin banyak.

Terus apalagi yang berubah?

Nah yang sangat berubah adalah air danau yang mulai tidak berbau. Kalau lewat di Danau Sunter Barat ini, kadang-kadang dan bahkan hampir sering, suka ada bau yang aneh-aneh.

Itu perubahan yang pertama.

Perubahan kedua yang drastis adalah dipasangnya sheetpile atau tanggul di sekeliling Danau. Pemasangannya tahun 2016 ini. Saya jujur aja, setengah kaget. Karena semasa tinggal di Sunter, belum dipasang tanggul ini. Ini keren sih.

Setidaknya, tanggul ini bisa mengurangi sedimentasi atau pendangkalan sungai. Lumpur atau tanah yang hanyut tidak akan membuat Danau semakin dangkal.

Pembuatan Tanggul juga akan membuat air danau tumpah keluar kalau hujan deras atau curah hujan sangat tinggi. Danau ini, awal tahun 2015 pernah rata dengan jalan airnya, dan bahkan keluar. Akibatnya banjirlah Jalan Danau Sunter Selatan.

Pemasangan tanggul ini tentunya akan sangat bermanfaat.

Danau Sunter Barat yang semakin bersih juga membuat warga banyak yang duduk-duduk di samping danau, apalagi adanya pohon yang teduh membuat warga bisa bersantai.

Dan semoga Danau Sunter Barat ini bisa seperti danau sunter timur.

Semoga!

5 COMMENTS

  1. Increasing energy degrees: Addium has a couple
    of natural energizers that supply the mind with power to maintain you alert and also focused all day.

  2. It is the best time to make some plans for the future and it’s time to be
    happy. I’ve read this post and if I could I
    wish to suggest you few interesting things or tips. Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I desire to read even more things about it! http://bing.co.uk

Leave a Reply