close
img-20171224-wa0049-1817702900.jpg

Danau Sunter atau Waduk Sunter yang berada di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, ada dua.

Yang di sisi timur, berada di depan Hotel Sunlake. Dan sisi barat yang berdampingan dengan rumah-rumah warga. Dua Danau Sunter ini, awalnya dua sisi yang sangat berbeda. 

Danau Sunter sisi timur menjadi lokasi wisata. Ada wahana permainan air, ada tempat memancing, dan bahkan ada restoran hingga dengan tempat untuk duduk-duduk di pinggir danau.

Kontras sekali dengan Danau Sunter sisi barat. Siapa yang tidak tahu kalau Danau Sunter Barat ini biasanya penuh sampah dan berbau. 

Tapi itu dua atau tiga tahun lalu.

Ketika saya melintasi Danau Sunter Barat setahun lalu, saya sempat melihat Danau Sunter Barat ini mulai dibenahi. Dipasangi turap berupa sheetpile di sekelilingnya. Oh iya, sebelumnya, sampah-sampah sudah mulai dibersihkan juga.

Ketika sheetpile atau turap sedang dipasang, saya sempat menuliskannya di blog saya. Klik ini untuk membacanya ya.

Setahun berselang, sekitar bulan Agustus, saya melihat ada pembangunan jalur pedestrian di tepi Danau Sunter Barat ini. Saya menyempatkan diri untuk mengambil fotonya dan mempostingnya di akun instagram milik saya.

Sebenarnya saya berencana untuk menulis blog tentang pembangunan jalur pedestrian ini. Tapi kok malas ya? Hehe

Oke, lanjut

Dua bulan kemudian, saya melihat jalur pedestrian ini sudah hampir selesai dibangun. Tapi masih dirapikan di sana-sini.

Tidak lama berselang, sewaktu saya kembali melintas, pekan ketiga bulan Desember, saya melihat Jalur Pedestrian ini sudah selesai dibenahi. 

Jujur saja, saya terpana, terpesona atau apapun itu istilahnya. Danau Sunter Barat kini berubah total.

Dari Danau yang seakan tidak terawat, sudah semakin cantik. Jalur Pedestrian sangat lebar. Dua meteran lebarnya rata-rata. 

Jalur Pedestrian ini juga dibuatkan jalur khusus apabila kita hendak bersepeda. Diberikan tanda khusus. 

Tidak hanya itu. Di Jalur Pedestrian ini banyak pohon. Dan di bawah pohonnya, ada bangku dari plastik yang menghadap ke Danau Sunter. So pasti, kita bisa bersantai sembari menikmati Danau Sunter.

Kepanasan? Kan ada pohon-pohon yang menaungi.

Ketika saya mengambil foto, saya melihat banyak warga yang bersantai. Duduk di jalur pedestrian ataupun duduk di bangku yang sudah disediakan.

Sekali lagi, Danau Sunter Barat ini sudah bersolek dan semakin cantik. Semoga jalur pedestrian ini tetap terjaga.

Ini fotonya ya.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: