close
Cerita

Cerita dari RPTRA : Ada Pelatihan Membuat Kue di RPTRA Sungai Bambu

Belajar Bikin Kue di RPTRA Sungai Bambu (3)

Kamis 12 Januari siang, saya berkunjung ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA Sungai Bambu. Saya tengah menyiapkan acara nonton bareng film anak-anak. Kebetulan saya bekerjasama dengan indihome dari telkom. Saya ke RPTRA karena harus berkoordinasi dengan pengurus atau pengelola RPTRA.

Sehari sebelumnya, Rabu, saya memang mendatangi RPTRA ini. Dan diberitahukan oleh mbak Leni, pengelola RPTRA, ada pelatihan pembuatan kue untuk ibu-ibu. Karena saya ingin mematangkan acara nonton bareng sekalian melihat pelatihan membuat kue, makanya saya kembali mendatangi RPTRA Sungai Bambu.

Ketika saya sampai di RPTRA, saya melihat ibu-ibu sedang asik belajar membuat kue. Wah wah wah…..

Saya pun bertanya ke Mbak Leni. Dia mengatakan bahwa ada 30 ibu-ibu yang belajar membuat kue. Dan menurut mbak Leni juga, ini pelatihan yang sudah ke-4 atau yang terakhir. Walah, ternyata sudah berjalan empat kali. Dan pelatihan ini dibuat setiap bulan. Jadi sudah berlangsung selama empat bulan. 

Saya pun bertanya kepada instruktur yang memberikan pelatihan. Hari itu, ketika saya berkunjung, mereka sedang membuat kue bolu batik kukus dan walker bread, semacam roti boy. Sebelum-sebelumnya, mereka mendapat pelatihan membuat kue lainnya, seperti brownies.

Tidak hanya itu, seusai pelatihan ke-4 atau terakhir ini, para ibu-ibu akan mendapat sertifikat. Oh iya, yang memberikan pelatihan, dari bogasari, produsen tepung terigu. 

Pelatihan ini juga, bukan hanya di RPTRA Sungai Bambu saja. Tapi di RPTRA Rawa Badak Utara dan Pademangan Timur. Eits, tidak hanya di Jakarta Utara lho. Tapi di wilayah lain juga.

Tidak hanya itu, ini merupakan pelatihan angkatan pertama. Masih akan ada pelatihan angkatan-angkatan selanjutnya lho. Dan menurut mbak Leni, pelatihan ini berguna agar inu-ibu bisa membuat kue yang bisa dikonsumsi sendiri dan dijual.

“Kalau dijual nanti bisa menambah pendapatan untuk keluarga lho,” kata Mbak Leni.

Semoga ya ibu-ibu ini bisa menjadi pembuat dan penjual kue yang enak dan hebat.

This slideshow requires JavaScript.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.
%d bloggers like this: