SHARE

Sebagai pengguna BPJS, tentunya kita harus rajin membayar iurannya setiap bulan. Batas pembayaran BPJS kesehatan ini, dilakukan melalui ATM Bank BNI, BRI atau BNI dan juga bisa lewat convenience store seperti Indomaret dan Alfamart atau payment point.

Nah, saya sebagai pemilik rekening BCA, ya selama ini, saya membayar BPJS Kesehatan melalui convenience store ataupun payment point. Jujur saya, saya tidak punya rekening bank lain.

Karena saya ini suka iseng, saya suka melihat list atau daftar pembayaran yang bisa dilakukan melalui BPJS. Di menu ATM biasanya pilih menu transaksi lain >> kemudian pembayaran >>. Saya sih suka melihat pembayaran yang lain. Dan ternyata ada menu pembayaran BPJS. Wah!

Karena ada menu pembayaran BPJS lewat ATM BCA, saya pun ingin melakukan pembayaran iuran BPJS. Ini menunya di jenis pembayaran. Oh iya, menu pembayaran BPJS ini bisa diakses lewat menu pembayaran >> pilih layar berikut dan akan muncul seperti pembayaran berikut ini.

Kalau kita memilih menu BPJS, kemudian akan muncul menu seperti ini :

Karena saya pemilik akun BPJS kesehatan, saya memilih menu kesehatan. Setelah memilih menu ini, akan diminta memasukkan kode pembayaran.

Awalnya saya pikir, kita memasukkan kode pembayaran seperti di bank lain. Semisal 8888 atau 89888 dan diikuti dengan nomer keanggotaan BPJS kita (dengan mengurangi dua angka nol di depan). Saya mencobanya dan gagal! Akhirnya saya memilih menelepon Halo BCA di 1500888.

Dan oleh petugasnya saya diberitahu, hanya memasukkan nomor peserta BPJS kita. Walah… ternyata simple. Dan akhirnya saya mengikuti petunjuk yang diberitahukan petugas Halo BCA.

Selesai memasukkan nomor peserta BPJS kita, silakan pilih yang benar. Setelah itu akan muncul menu seperti ini

Keluar deh jumlah pembayaran BPJS kita. Kita akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.500 seperti di payment point atau convenience store. Apabila ingin membayar, silakan pilih ya, dan iuran BPJS kita sudah terbayar.

Kita akan diberikan printout pembayaran BPJS seperti ini nantinya, sebagai bukti pembayaran. Mudah bukan? Bagi pemegang rekening bca, silakan lakukan pembayaran dengan metoda ini.

SHARE
Previous articleBapontar Dot Id Dapat Juga Akhirnya
Next articlePaspor BCA, Sudah Lengkap dengan Flazz
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.