SHARE

Salah satu kategori blog di bacirita.id ini, adalah bapontar. Bapontar ini, sebenarnya, adalah kategori blog saya untuk jalan-jalan atau bepergian. Cerita saya bepergian entah sekedar jalan-jalan, killing time ataupun makan dan minum di tempat-tempat makan yang menurut saya unik.

 

Setelah saya berpikir, kenapa saya tidak membuat sempalan dari bacirita ini, untuk kategori bapontar menjadi blog tersendiri, dengan domain dan hosting tersendiri juga. Tahun lalu, setelah mencari cari domain bapontar.id, ternyata sudah dipakai orang atau organisasi lain.

 

Saya mengeceknya, ternyata bapontar.id ini, adalah website tour and travel. Dan websitenya eksis. Apes deh saya.

 

Saya kemudian beralih ke bapontar.web.id. Ambil domain ini sebenarnya agak setengah hati juga sih. Karena ya pengennya bapontar.id. Karena harga tidak terlampau mahal, ya sudah ambil deh ceritanya.

 

Apa yang terjadi? Saya malas-malasan untuk update. Nggak pernah diisi blognya. Ada sih isinya, tapi tidak terlampaun banyak. Dasar nggak niat.

 

Awal tahun 2017, entah kenapa, saya coba-coba bikin travel blog dengan domain pigipigi.id. Domain ini available. Saya sempat berpikir dengan domain lain, semisal bepergian.id atau kelana.id atau apalah gitu. Tapi yang bisa ya pigipigi.id aja lah. Lebih enak.

 

Kenapa pigipigi? Ya karena kalau di Manado, mau pergi biasanya menyebutnya dengan pigi. Malah disingkat menjadi “pi”. Ngana mo pigi kamana? Menjadi ngana mo pi mana? Artinya kamu mau kemana?

 

Kebetulan lagi promo untuk domain anything.id saya langsung registrasi. Dan lahirlah blog pigipigi.id. Tapi masih setengah hati. Saya masih terobsesi dengan bapontar. Duh!

 

Website pigipigi.id sih tetap saya update. Cuma tampilan, saya nggak rapiin!

 

Sampai pada akhirnya, ketika iseng-iseng ngecek ke domain registrar, eh bapontar.me available. Wah menarik juga. Kenapa nggak daftar saja. Pemesanan pun dilakukan! Tapi saya belum punya uang untuk registrasi domain ini.

 

Selang sepekan (kurang lebih), tiba-tiba saya mengecek, domain bapontar.id available. Wah! Mau dooong!

 

Sayangnya, domain anything id masih mahal, 250 ribu. Lumayan mahal buat freelancer kayak saya ini,

 

Tapi, menunggu dan bersabar itu berbuah. Salah satu registrar domain menggelar promo. Harganya dibawah 100 ribu plus pajak. Dan kebetulan, ada yang kasih rejeki. Jadi, langsung register dan voilaaaaa! Akhirnya saya merebut domain bapontar.id

 

Tahap awal install sudah berhasil. Konten dari pigipigi.id juga sudah disalin. Nggak apa lah kalau saya kelola dua blog cerita jalan-jalan saya. Dan semoga saya masih semangat update bapontar.id.

 

Eits… harus semangat dong! Kan sudah sesuai keinginan hati untuk nama domain bapontar.id.