SHARE

Setelah tiga kali berkunjung ke Kalijodo, dari sementara dibangun, hampir selesai dibangun dan sudah selesai dibangun, akhirnya saya datang ke acara peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RPTRA)kalijodo yang terletak di dua wilayah di Jakarta.

Untuk RPTRA nya, masuk dalam Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, sementara RTH nya di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. RTH Kalijodo ini ada semacam hall dan Skatepark. Kalau RPTRA, tak perlu saya jelaskan panjang lebar ya.

Saya mengetahui RPTRA dan RTH ini akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuk Tjahaja Purnama atau Pak Ahok, dari pemberitahuan seorang teman dan mengecek agenda Walikota Jakarta Utara yang biasanya saya dapatkan karena sering meliput di Jakarta Utara.

Rabu 22 Februari jam 14 lewat saya berangkat dari Tanjung Priok ke Kalijodo. Butuh waktu satu jam lebih untuk sampai di Kalijodo. Macet karena ada acara peresmian. Biasa lah itu.

Ketika hendak memarkir sepeda motor milik teman saya yang saya pakai, saya melihat di tepi jalan ada tiga bus tingkat transjakarta sumbangan Tahir Foundation.

Bus ini pernah saya tumpangi untuk berkeliling Jakarta. Awalnya saya berpikir, mungkin bus ini membawa tamu atau wisatawan ke Kalijodo dalam rangka peresmian. Tapi perhatian saya tertuju ke sebuah spanduk yang bertuliskan Kalijodo Balaikota Mulai 22 Februari Layanan Bus Tingkat Wisata Jakarta.

Saya pun bergegas memarkir sepeda motor. Beruntung ada tempat parkir, jadi tidak butuh waktu lama saya sudah memarkir sepeda motor. Seusai memarkir sepeda motor, saya langsung menuju ke RPTRA Kalijodo.

Panasaran saya dengan spanduk tersebut.

Saya pun bertanya ke petugas. Beneran ya akan ada bus transjakarta gratis ke Kalijodo? Dia pun mengiyakan. Pertanyaan saya pun berlanjut Ke Bang Anugerah (yang saya lihat namanya tertera di ID Card-nya).

Pertanyaan sih standard, mulai kapan, berapa bus dan jam beroperasi.

“Ada tiga bus tingkat yang akan khusus melayani Rute Kalijodo Balaikota,” jelas bang Anugerah. Wah banyak juga ya ternyata.

Mengenai jam operasinya, Bang Anugerah tidak menjelaskan secara rinci. Dia sibuk mengatur pemasangan spanduk yang belum sepenuhnya selesai.

Saya pun menghampiri salah satu bus. Kebetulan pintunya mau dibuka. Dan ada dia petugas transjakarta dan pramudi atau supirnya. Saya pun bertanya, berapa kapasitas bus tersebut.

“Kapasitasnya 80 orang,” jelas Petugas Transjakarta. Saya pun tidak sempat bertanya namanya. Petugas mengatakan rute nya berangkat dari Balaikota dan ke Kalijodo. Jam operasinya masih diatur.

Beroperasi efektifnya pun mulai Kamis 23 Februari, karena baru diresmikan penggunaannya. Usai melihat-lihat bus yang pernah saya tumpangi, saya pun pamit untuk segera ke RTH Kalijodo yang ada skatepark nya.

Saya pun berpikir, wah asik juga ya, Ke Kalijodo bisa naik Transjakarta tingkat yang gratis. Setahu saya, angkutan umum ke Kalijodo ini sedikit ribet. Gonta ganti bus. Jadi dengan ada bus yang nyaman ini, makin enak deh.

Yuk kita coba!