close
Cerita

Asik! Setiap RPTRA Dibekali Tablet untuk Mengakses Perpustakaan Digital

20161031_141240

Sekitar bulai Mei lalu, saya berbincang-bincang dengan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota (KPAK), Jakarta Utara, pak Bambang Chadir di Kantornya di bilangan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Ketika itu saya berbincang-bincang mengenai perpustakaan Jakarta Utara dan Perpustakaan Keliling. Ketika itu pak Bambang bercerita dengan semangatnya mengenai perpustakaan keliling (saya sudah ceritakan di blog saya yang lain).

Dalam perbincangan tersebut, pak Bambang menyampaikan juga bahwa Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta melalui KPAK Jakarta Utara akan menyediakan dan mendistribusikan tablet, atau gadget berukuran layar 7 inci untuk Ruang Publik Terpadu Ramah Anak.

So pasti ini sangat menarik perhatian saya.

Empat bulan berselang, atau bulan September lalu, pak Bambang kembali bertemu saya dan menyampaikan bahwa Tabletnya sudah siap. Tinggal didistribusikan saja. Mekanisme sementara diatur.

Tadi malam, saya mengirimkan pesan lewat aplikasi  Whatsapp ke pak Bambang. Saya meminta foto gadget yang sudah siap didistribusikan. Saya ingin membuat berita. Tapi balasan dari pak Bambang, hari ini, akan ada penandatanganan berita acara pinjam pakai gadget ini di Kantor Walikota Jakarta Utara.

Saya hari ini, mendatangi ruang rapat di Kantor Walikota Jakarta Utara, karena di ruang rapat ini didistribusikan gadget atau tablet ini kepada Pemegang Barang di Kelurahan yang sudah ada RPTRA nya.

“Ada 14 RPTRA di 11 Kelurahan yang mendapatkan gadget ini di Jakarta Utara. Setiap RPTRA dapat 2 gadget,” kata pak Bambang kepada saya.

14 RPTRA ini yang sudah diresmikan. Seperti RPTRA Sungai Bambu, RPTRA Pademangan Timur, RPTRA Rawa Badak Utara dan lainnya.

di Gadget ini, hanya terpasang aplikasi iJakarta, aplikasi perpustakaan digital Pemprov DKI, browser internet dan aplikasi jakarta.go.id. Sudah pasti agar pengguna gadget ini di RPTRA tidak bisa menginstall aplikasi macam-macam.

Penggunaannya nanti juga akan diawasi oleh pengelola RPTRA. Selain itu juga dipasangi alat pengaman agar gadget ini tidak dicuri atau dibawa pulang oleh warga yang nakal.

Kehadiran gadget ini di RPTRA tentunya akan membuat warga bisa menambah ilmu. Ini keren. Warga bisa mengakses hal berguna di RPTRA karena gadget ini bisa digunakan di dalam perpustakaan di RPTRA.

Dan semoga saja, warga tidak nakal dengan mencuri atau merusak gadget ini. Oh iya, Gadget ini juga bukan hanya didistribusikan di Jakarta Utara. Tapi di seluruh RPTRA yang ada di Jakarta. RTPRA yang nanti diresmikan juga, akan mendapatkan gadget ini.

This slideshow requires JavaScript.

Tags : GadgetRPTRA
Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.
%d bloggers like this: