SHARE

Sebelum melanjutkan menulis blog ini, saya seharusnya meminta maaf. Harusnya saya menulis blog ini, sedari tiga bulan yang lalu ketika berkunjung ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Nirmala, di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Petang hari, saya mendatangi RPTRA Nirmala ini berbekal panduan dari Google Maps. Setelah menyusuri jalan Sunter Kemayoran, ternyata Google Maps memandu saya menuju RPTRA yang berada di Kompleks Depkes Sunter Jaya ini, melalui Jalan H. Amsir. Ternyata saya melewati RPTRA Tunas Harapan yang saya kunjungi bulan Desember lalu.

Tidak jauh dari RPTRA Tunas Harapan, saya pun bersua dengan RPTRA Nirmala ini. Setelah berkeliling-keliling RPTRA Nirmala, saya bertemu dengan Eni, salah satu pengelola RPTRA Nirmala. Setelah berkenalan dengan Eni, dan mengambil beberapa foto RPTRA Nirmala, saya meliput Irama Kemayoran yang sedang pentas di aula. Soal ini, saya sudah tulis terlebih dahulu.

Eni kemudian mengenalkan saya dengan seorang lelaki, yang punya hubungan khusus dengannya. Alfred namanya. Tapi, bukan soal hubungan ini yang akan saya bahas. Kan bukan blog gossip ini.

Alfred ini, ternyata seorang pemain futsal. Bukan futsal, namun sepakbola juga. Eni mengatakan bahwa Alfred memberikan pelatihan futsal secara gratis kepada anak-anak di RPTRA Nirmala.

“Selama ini mereka datang ke RPTRA hanya sekedar bermain saja, tidak terarah. Tidak ada salahnya kalau saya berikan pelatihan futsal kepada mereka,”

Begitu cerita Eni dan juga Alfred kepada saya.

Alfred yang bercerita, pelatihan futsal ini diberikannya selama sekali dalam sepekan. Biasanya hari Sabtu atau Minggu ketika anak-anak libur dan dia juga libur. Alfred ini pegawai sebuah bank Swasta.

Untuk melatih futsal, Alfred tidak dibayar. Anak-anak juga tidak dipungut biaya untuk latihan.

“Mereka hanya patungan seikhlasnya untuk membeli seragam”

Ujar Alfred lagi.

Yang ingin berlatih futsal juga, anak-anak yang berada di sekitar RPTRA. Mereka didata melalui form isian. Ini berguna untuk mengetahui nama peserta latihan. Selain itu juga, untuk data di RPTRA.

Apa yang diberikan Alfred ini, seperti yang diberikan mahasiswa atau warga lainnya di RPTRA yang ada di Jakarta. Tetapi, sebagian besar berupa les atau tambahan pelajaran. Ada juga pelatihan futsal namun itu dari Pemprov DKI Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. Alfred memberikan pelatihan futsal ini pun atas inisiatifnya sendiri.

Ketika saya menggelar acara penyuluhan atau edukasi 19 Juli lalu, saya bertemu dengan Alfred yang menjemput Eni. Pelatihan futsal, masih diberikannya. Dan semoga saja ada donatur yang nantinya akan memberikan bantuan untuk seragam futsal ataupun bola futsal untuk latihan.

Saya berharap juga nantinya akan lahir atlet-atlet futsal terkenal dari RPTRA.