close
Makang Sadap

Alay Nyet yang Pedasnya Mantap dan Es Kribo yang Segar di Jogja

alay nyet 2

Makan di Jogja, tidak melulu harus mencari yang namanya nasi Gudeg yang sudah menjadi makanan khas atau mungkin sate khlatak. Ada kuliner unik di Jogja yang bisa kita icip-icip.

Seperti yang saya temukan, seusai pulang dari Candi Prambanan dimana hari begitu panas, dan membuat saya mencari minuman dingin yang menyegarkan.

Saya yang menginap di hotel di dekat Bandara Adisucipto, sepulang dari Candi Prambanan dalam rangka sebuah event lari, kembali ke hotel. Sesampai di hotel dan menaruh tas di dalam kamar, saya kemudian melihat ada sebuah tempat makan di sebelah hotel.

Tempat makan ini berada di area galeri seniman Jogja, Sapto Hoedojo. Setelah duduk, pelayan lebih menyarankan saya untuk memesan makanan di kasir. Entah kenapa. Sampai di kasir, saya bertanya, es dan makanan apa yang unik.

Petugas yang ada di kasir pun menyarankan saya untuk memesan es kribo. Saya pun panasaran dengan es kribo ini. Untuk makanan, saya ditawari Alay Nyet. Ya sebenarnya ini ayam penyet. Tapi dibikin unik.

Setelah menunggu, pesanan saya pun sampai di meja. Yang pertama datang adalah es kribo. Okei, sebenarnya apa sih es kribo ini?

Setelah saya mulai meminumnya, es kribo ini adalah es buah atau yang biasa disebut dengan sop buah, tapi ditambahkan es krim. Wah lain daripada yang lain. Manisnya es krim ditambahkan dengan segarnya sop buah, mampu membuat saya menghilangkan dahaga dan terasa segar di tengah cuaca panas.

Es buahnya sendiri ada buah naga, semangka, pepaya dan melon. Standard es buah sebenarnya. Tapi yang bikin spesial adalah es krimnya yang menambah kesegaran dan enak es kribo ini.

Bagaimana dengan Alay Nyet.

Nah ini ketika makanan disajikan, saya kaget. Kalau biasanya makanan disajikan di piring, dan penyetnya di tempat cobek atau ulekan, kali ini disajikan di ulekan atau cobek batu. Berbeda memang.

Ayamnya juga saya lihat digoreng tepung. Dan disajikan di atas sambal penyet. Selain daging ayam, beragam sayur lalapan juga disediakan.

Nasinya juga disajukan berbentuk kerucut. Mantap bener! Sambal memang pedas. Ayam tepungnya juga terasa bumbunya. Memang membuat lidah bergoyang dan menari karena pedasnya mantap.

Tak terasa, saya menghabiskan seporsi besar alay nyet ini. Sembari makan, menyeruput es kribo memang sensasinya mantap benar.

Soal harga, murah kok. Es Kribo 25.000 dan Alay Nyet 35.000. Mau mencobanya?

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: