SHARE

Lima tahun dan hampir enam tahun, bisa dikatakan saya tidak pernah mudik alias going home (halah) alias pulang kampung ke Manado.

Selama lima tahun juga, saya kangen dengan masakan atau makanan khas Manado atau Minahasa, yang disebut dengan Tinutuan, meskipun saya sebenarnya masih bisa menemukanya di Jakarta.

Meskipun ada yang menjual Tinutuan atau Bubur Manado di Jakarta, yang mencampurnya dengan Mie, itu sangat langka di Jakarta. Orang di Minahasa atau Manado, kerap menyebutnya dengan Miedal atau Midal. Entah dari Mana asal usul kata tersebut.

Tidak hanya Miedal atau Tinutuan yang saya rindukan untuk saya cicipi atau makan. Ada satu lagi. Namanya Pisang Goroho. Saya akan menuliskannya secara khusus, untuk pisang Goroho ini. Nah Pisang Goroho ini biasanya digoreng dan dimakan dengan sambal ikan roa.

Kemudian, melalui sebuah media sosial, postingan dari seorang teman, akhirnya saya mengetahui di daerah Kelapa Gading, ada sebuah kedai kopi, cabang dari Manado, yang bernama Rumah Kopi Billy (akan ada postingan khusus ini di blog saya juga), berada di Kelapa Gading.

Di Rumah Kopi ini, dari postingan teman saya tersebut, saya akhirnya tahu bahwa ada Miedal dan Pisang Goroho tersebut. Sayangnya ada drama sedikit, karena berdasarkan lokasi dari Google Maps, saya tidak menemukan Rumah Kopi Billy ini padahal hasrat menggebu-gebu untuk menyantap dua makanan tadi.

Hasrat sempat menurun, keinginan untuk menyantap Miedal ini seakan hampir sirna, sampai pesan dari aplikasi chat dari sahabat saya untuk mengajak makan di Rumah Kopi Billy. Sekalian bertemu dan ngobrol dengan mereka.

Saya pun kemudian mengecek lokasi di google maps. Dan akhirnya saya berangkat. Saya lihat di Google Maps, lokasinya sudah berpindah. Dengan penuh semangat, akhirnya saya berangkat ke Rumah Kopi Billy ini.

Finally, saya menemukan Rumah Kopi Billy ini. Wah senangnya.

Sampai di Rumah Kopi Billy, sahabat saya sudah tiba duluan. Finally, saya temukan juga Rumah Kopi Billy ini. Soal Ulasan makanan? Saya akan mengulasnya secara terpisah ya.

Eniwei, ini alamatnya :

Rumah Kopi Billy Kelapa Gading

PD 14 #11, Kelapa Gading Barat, Jl. Raya Klp. Hybrida, RT.4/RW.18, Pegangsaan Dua, Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

untuk menemukannya di google maps, ini locationnya :

SHARE
Previous articleJenius Co.Create, Pengalaman Baru, Teman Baru
Next articleDifoto
Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply