close
Bapontar

Ada Pantai Kece di Pariaman Sumatera Barat

img-20180621-wa00571013668105.jpg

Road Trip ke Sumatra, saya dan teman saya lebih banyak melewati Hutan, Perkebunan Sawit maupun pegunungan dan danau.

Perjalanan yang saya tempuh ini hampir tidal melewati pantai. Pantai yang saya lewati hanya ketika dari Bakaheuni menuju Metro Lampung.
Sewaktu Perjalanan dari Kota Padang menuju ke Pariaman, dari google maps terlihat bahwa kami akan menyisir pantai. Tapi saya tidak berharap banyak. Mungkin pantainya kurang bagus.

Ketika saya melewati jalan yang menyisir pantai di Pariaman ini, saya dan teman tertarik untuk ke Pantai. Mengusir kejenuhan. Setelah masuk dan membayar parkir, di depan saya kemudian terhampar pantai Indah berpasir coklat dan bersih. Wow! Anggapan saya ternyata salah. Pantai ini bagus.

Pantai ini bernama Pantai Katipiang di Kabupaten Pariaman, Sumatra Barat. Ketika saya berkunjung, hamparan pasir coklat terlihat bersih dan halus. Meskipun menghadap Samudra Hindia, ombak tidak besar. Beberapa orang terlihat berenang. Masih aman.

Di Pantai ini, kita bisa bermain layangan. Angin tidak kencang tapi bisa menerbangkan layangan. Di TepI Pantai, ada yang menjual layangan. Harganya hanya Rp 15.000. Ada sekitar tiga pedagang layangan yang saya lihat.

Kalau kita tidak ingin berenang, di tepi pantai kita bisa bersantai. Pepohonan rindang membuat suasana sangat teduh. Ada saung dan kursi yang bisa kita sewa. Kalau mau tidur-tiduran ada hammock juga.

Di pinggir pantai juga ada warung yang menjual makanan instan dan minuman dingin. Es kelapa dan jus juga tersedia. Kita bisa makan sekalian menikmati suara deburan ombak dan angin yang berhembus.

Ketika mampir, saya lihat banyak warga yang datang. Ada yang bersantai dan ada yang berenang di Pantai.

Kalau sedang ke Sumatra Barat, tak ada salahnya mampir ke sini. Kurang lebih satu jam dari Padang. Pantai yang bersih dan indah ini memang wajib didatangi kalau lagi ke sini.

Tommy Bernadus

The author Tommy Bernadus

Dilahirkan di Desa Lembean, dan besar di Desa Tontalete, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mengenyam pendidikan di SDN 1 Kema, SMPN Kauditan di Treman, SMAN Girian dan UKSW Salatiga. Seorang jurnalis, penulis dan blogger yang kadang-kadang mendisain media dan mengatur konten media.

Leave a Reply

%d bloggers like this: