SHARE

Sekitar hari Kamis 5 Agustus pekan lalu, Renny Fernandez, salah satu “selebtwit” atau orang yang ngetop di twitter, membuat semacam kuis, untuk memposting video pendek, terkait Keindahan Indonesia.

Kuis ini berhadiah undangan untuk hadir di event Google for Indonesia atau #Google4ID.

Saya mengikutinya, karena sangat antusias untuk hadir di event, yang dalam bayangan saya sangat keren. Saya kemudian memposting video untuk ikut undian ini.

Tapi, selain Renny, ada juga Hiro @hwhardana yang membuat kuis serupa. Tapi lebih mudah, cuma memposting screen capture aplikasi lokal. Saya pun ikutan memposting dan me-mention ditambah screen capture aplikasi lokal atau Khas Indonesia.

Saya memposting foto aplikasi lokal Mata2 dan iJakarta. Ini aplikasi lokal kebanggan saya pastinya, dan sudah saya ulas di blog ini.

Singkat cerita, saya akhirnya gagal di kuis Renny Fernandez. Apes, kemungkinan saya nggak dapat undangan di event Google for Indonesia.

Tapi, memang berjodoh. Di tempatnya hiro, saya menang. Ya gimana nggak menang, yang ikut cuma dua orang, ya pasti menang lah.

Sesuai permintaan, saya akhirnya mengirimkan nama dan alamat email untuk dikirimkan undangannya. Yaaaaay !! Dapat undangan juga.

Hari H event, setelah dikabarkan bawah event akan dimulai pagi, Selasa 9 Agustus hari ini, saya pun bersiap berangkat sedari pagi. Jam 6.20 saya sudah di halte transjakarta. Tanpa lupa berdoa agar perjalanan saya lancar.

Sekitar jam 08.30 pagi, saya sudah tiba di Ball Room Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD Sudirman. Saya langsung registrasi dan mendapatkan ID Card. Nama yang tertera Thomas Jas Bernadus. Ya nggak apa-apa lah typo.

google for indonesia id card

Saya dapat fasilitas hadir di acara keynote speech. Sementara ada banyak acara lain. Tapi pembicara di keynote speech ini keren-keren.

Jam 10, acara dimulai. Penampilan Youth Choir Pangudi Luhur yang sering jadi juara dunia, menjadi pembuka yang sangat keren. Tepuk tangan hadirin menggema.

Acara dilanjutkan dengan keynote speech oleh Managing Director Google untuk Indonesia, Tony Keusgen. Beliau menyampaikan tentang pengguna aktif internet di Indonesia yang mencapai 100 juta pengguna. Wow. Hampir separuh masyarakat Indonesia.

Setelah Tony, Caesar Sengupta, Vice President Google untuk next Billion Users mempresentasikan tentang fasilitas Google Translate. Dia bilang ada 2,8 juta kata yang ditranslate dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris setiap dua menit. Gilak!!

Caesar juga memperkenalkan teknologi translate dengan menggunakan kamera ponsel, tulisan di obyek tertentu atau menu makanan bisa langsung diterjemahkan. WOW KEREN!!

Caesar pun mengajak Menkominfo Rudy Antara untuk memberikan pidato singkat di acara ini. Menkominfo mengatakan bahwa, Google dan Pemerintah Indonesia, ibarat pasangan suami istri. Ada hubungan baik dan mesra, tapi ada hubungan tidak mesra juga.

Seusai menkominfo,Tamar Yehoshua, VP Search mempresentasikan Google Search yang semakin canggih. Saya hanya bisa terpana di sesi ini. Keren sangad.

Hugh Williams kemudian mempresentasikan tentang google maps dan street view. Yang keren dalam presentasi ini adalah google maps nanti terintegrasi langsung dengan Gojek, Grab dan Uber. Ride sharing namanya!

Jadi user bisa menentukan di google maps, titik jemput dan titik pengantaran, dan langsung keluar harganya. Ini semakin keren lagi.

Street view bawah laut juga ditampilkan. INI GILAK!!! Super keren!!!

Setelah itu, Ben Galbraith, mempresentasikan tentang Google Developer. Dia memperkenalkan tentang IAK atau Indonesia Android Kejar. Atau kelompok belajar Android. Waw.

Keynote Speech penutup, tampil John Harding, VP Youtube. Dia memperkenalkan Google Akselerator, yang bisa membuat akses ke youtube tanpa buffering. Tentunya ini khusus untuk wifi saja.

Seusai semua tampil, GAC atau Gamaliel Audrey dan Cantika menjadi penampil pamungkas. GAC ini merupakan selebriti Youtube.

Tak terasa dua jam berlalu. Jam 10-12 tidak berasa karena presentasi yang menarik dengan audiovisual yang keren. Tak menyesal saya bangun pagi untuk datang ke acara ini

Setelah itu, peserta acara ini, diajak makan siang.

Untuk detailnya, akan saya bikin blog khusus mengenai apa yang diperkenalkan di Google for Indonesia.

Leave a Reply